1. 4 Refleksi Terbimbing - Pendidikan yang Memerdekakan

 

Pada bagian ini, marilah kita kembali berefleksi terkait seluruh proses belajar yang sudah kita alami sejauh ini, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut di kolom komentar :

  1. Sebutkan minimal 3 hal baru yang Anda dapatkan dari pembelajaran sejauh ini!
  2. Sebutkan minimal 3 hal yang menjadi kekuatan Anda dalam menumbuhkan pendidikan yang memerdekakan di kelas Anda!
  3. Apa implikasi filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara ini pada diri Anda sebagai Guru?
  4. Hal-hal apa yang dapat Anda kembangkan untuk bisa menumbuhkan pendidikan yang memerdekakan di kelas Anda? 
  5. Apa yang sekiranya menjadi tantangan Anda dalam menumbuhkan pendidikan yang memerdekakan di kelas Anda? Jelaskan!
  6. Apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tantangan yang Anda jelaskan di poin nomor 4?

26 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. 1. pembelajaran berbasis web, profil pembelajaran pancasila, dan literasi numerasi
    2. memberikan pesan moral di setiap pembelajaran, berbagi pengelaman inspiratif, memberikan contoh yang baik terhadap siswa
    3. yaitu tidak membeda-bedakan siswa
    4.mengembangkan secara kognitif, afektif.
    5. tantangan siswa/i yang berbeda beda karakter, yang harus memahami karakter setiap siswa d dalam kelas dan harus menyampaikan pembelajaran yang harus bisa di pahami ke seluruh siswa
    6 secara kognitif ( membiarkan siswa berperan aktif dalam setiap pembelajaran) afektif ( memiliki rasa tanggung jawab di setiap pembelajaran sehingga siswa mengikuti pembelajaran dengan baik dan benar)

    BalasHapus
  3. 1. a.lebih memehami 3 semboyan ki hadjar dewantara
    b.Memerdekakan belajar salah satu jalan siswa dan guru untuk menggali potensi diri
    c. penerapan merdeka belajar
    2.a. wawasan yang memadai
    b .teknik pendekatan untuk memotivasi , mendukung meningkatkan kemampuan siswa untuk penerapan merdeka belajar
    c. sumber belajar yang lebih banyak melalui teknologi internet
    3.selalu memberikan motivasi dan dukungan kepada siswa dengan bakat , minat dan kemampuan yang berbeda.
    4.saya akan mengembangkan pembelajaran yang tidak terpaku apada 1 cara atau 1 sumber belajar , lebih memadu padankan teknik pengajaran sehingga bisa diterima siswa dengan kemampuaan yang berbeda
    5.tantangan saya adalah membuat siswa lebih kreatif dan menumbuhkan rasa keingintahuan yang tinggi .
    6.mengatasi dengan memberidan mengumpulkan tugas mandiri maupun kelompok dengan mencari sumber belajar menggunakan e learning .

    BalasHapus
  4. Refleksi (Mokhammad Yogi G)
    1. 3 hal yg saya peroleh dalam pembelajaran :
    a. Filosofi pendidikan
    b. Filosofi merdeka belajar
    c. Gambaran umum merdeka belajar
    2. a. Dukungan sekolah b. semangat guru c. Semangat siswa
    3. Implikasi: membuat desain pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan siswa
    4. a. Membuat desain/strategi pembelajaran yang mengkomodasi kebutuhan siswa b. Senantiasa mengupgrade diri agar lebih berkembang menghadapi tantangan 5.0
    5. Tantangan : merubah pola pembelajaran
    6. Mengupgrade diri melalui pelatihan, mencari referensi pola pembelajaran yang mengakomodasi kebutuhan siswa dan menumbuhkan semangat tersebut kepada siswa

    BalasHapus
  5. 1. Pembelajaran melalui e-learning, konsep merdeka belajar, perbedaan dan persamaan pendidikan zaman kolonial dan sekarang
    2. mengenali profil peserta didik, merangsang peserta didik untuk berpikir kritis, dan menjdikan peserta didik mandiri
    3. mempunyai akhlak mulia budi pekerti yang dapat dicontoh oleh siswa, dan memahamkan siswa sesuai dengan karakter siswa masing-masing
    4. Menumbuhkan daya nalar yang tinggi tentu saja disupport oleh system Pendidikan yang mengacu kepada pengembangan potensi dari peserta didik. Bukan soal bagaimana harus melaksanakan ujian, namun yang terpenting adalah bagaimana anak didik dapat memiliki kompetensi seperti yang disyaratkan untuk ujian
    5. prestasi siswa tidak hanya dilihat berdasarkan nilai, harus mengeksplor minat dan bakat peserta didik, merangsang daya nalar peserta didik agar dapat berfikir kritis dan mandiri
    6. sistem pembelajaran tidak lagi hanya dengan mendengarkan penjelasan dari guru, tetapi lebih berani berargumentasi, mandiri, beradab, berkompetensi, sopan dan cerdik dalam bergaul. Selain itu, pembelajaran tidak lagi menuntut peringkat kelas, karena dapat meresahkan anak maupun orangtua, mengingat kecerdasan setiap anak berbeda sesuai bidangnya masing-masing. Dengan begitu, sekolah diharapkan mampu membentuk pelajar yang siap kerja dan berkompeten serta memiliki budi pekerti yang baik.

    BalasHapus
  6. 1.mendapatkan 3hal baru dalam pembelajaran a.mengetahui arti dari filososfi pendidikan,b.apa yg harus dilakukan agar kemerdekaan belajar dapat tercapai,c.mendapatkan gambaran umum tentang apa itu merdeka belajar.
    2.a.Semangat guru dalam mengasah kemampuan mengajar,b.dukungan sekolah yg sangat besar,c.siswa berperan aktif dalam menciptakan semangat belajar.
    3.membangun daya serap siswa dan tidak membeda bedakan
    4.upgrade dan update pengetahuan dan kemampuan diri dalam mneguasasi materi pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengerti dan paham betul apa yg sedang diajarkan
    5.tantangan . mengahadaapi siswa dengan rendahnya semnagat belajar
    6.membuat strategi pembelajaran yg tidak monoton dan menyenangkan sehingga semangat peserta didik dapat terbangun kembali.
    ( Dera Rizki Aditiana )

    BalasHapus
  7. 1. Hal baru yang saya dapatkan darisini yaitu filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, lebih paham tentang pendidikan yang memerdekakan (terutama setelah menonton video penjelasannya), serta cara-cara dalam menerapkan pembelajaran agar sesuai dengan capaian pembelajaran.

    2. kekuatan saya dalam menciptakan pendidikan yang memerdekakan yaitu skill sosialisasi (sehingga dapat mengenal siswa baik dalam kemampuan atau minatnya), lalu dapat memotivasi siswa agar selalu mengembangkan kreativitasnya, juga dapat membimbing siswa dengan sabar saat ada satu hal yang ia minati tetapi sulit untuk dimengerti

    3. dari filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, saya menjadi paham pendidikan yang 'seharusnya' itu seperti apa sehingga mendorong saya untuk lebih mengasah skill mengajar agar tercipta pembelajaran yang memerdekakan siswa

    4. konsep capaian pembelajaran sesuai dengan individual siswa (karena setiap siswa berbeda)

    5. Tantangan terbesarnya yaitu menerapkan metode pembelajaran pada para siswa yang mana setiap siswa memiliki gaya belajar, bakat, minat, yang berbeda

    6. lebih memotivasi siswa, melakukan pembelajaran student center, melakukan metode pembelajaran yang secara umum membuat siswa tertarik (tidak jenuh) dan dapat diterima setiap individu

    BalasHapus
  8. 1. Lebih memahami Filosopi Ki Hadjar Dewantoro yaitu memberikan suri tauladan yang baik terhdap siswa,Yang ahirnya setiap individu siswa bisa mencontoh apa yang dilihat didengar dan dilakukan oleh seorang guru .
    2. Metode pembelajaran yang menyenangkan ,tidak membeda bedakan siswa, memberikan reward dan funishmen yang edukatif.
    3. Memberikan contoh yang baik dari berbagai aspek .
    4. Membuat suasana kelas yang menyenangkan bersih dan tertib , perbanyak literasi , Membuat suasana pembelajaran dg metode yang menyenangkan dan merangsang siswa untuk berperan aktif.
    5. kemapuan atau potensi siswa yang beragam / dan juga berbagai latar belakang keluarga yang sangat dominan.
    6. Memperkaya khasanah wawasan metode pengaran dan juga bersabar menghadapi kondisi fsikis peserta didik yan g beragam

    BalasHapus
  9. 1. Lebih tahu sejarah filosofi Ki Hajar Dewantara, tujuan pembelajaran pada jaman kolonial, dan siapa saja SDM yang dituju untuk mendapatkan pendidikan
    2. Ingin membuat peserta didik pintar berhitung, ingin membuat peserta didik lebih kritis berpikir, dan membuat peserta didik tidak dibodohi orang lain, serta ingin membuat peserta didik lebih berakhlak mulia
    3. Saya dapat implikasi dari peserta didik yaitu kemampuan yang berbeda-beda, baik dalam menerima konsep maupun penerapan
    4. Lebih sabar dapam meberikan pembelajaran kepada peserta didik, memberikan pembelajaran dengan bertahap
    5.Memberikan pembelajaran dengan metode yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kemampuan dan karakterr siswa
    6. Mencari metode pembelajaran yang mudah dipahami siswa dan memancing siswa untuk berlomba megerjakan soal

    BalasHapus
  10. 1. 3 hal baru yang didapatkan : informasi mengenai perkembangan pendidikan di Indonesia, filosofi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara : pendidikan yang memerdekakan, pendidikan yang sesuai dengan tingkat kemampuan, kebutuhan peserta didik.
    2. 3 hal yang menjadi kekuatan saya dalam menumbuhkan pendidikan yang memerdekakan di antaranya: mau belajar untuk meningkatkan kemampuan sebagai seorang pendidik, menerima masukan dari siapapun dan adanya keinginan untuk melihat generasi selanjutnya lebih baik lagi.
    3. Sebagai seorang guru harus bisa memahami karakter peserta didik, bahwa setiap peserta didik itu unik.
    4. Hal-hal apa yang dapat saya kembangkan untuk bisa menumbuhkan pendidikan yang memerdekakan di antaranya merencanakan pembelajaran yang berpusat kepada siswa, melaksanakan pembelajaran yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan siswa.
    5. Yang menjadi tantangan adalah bagaimana cara menciptakan pendidikan yang memerdekakan dengan kondisi fasilitas pembelajaran yang belum memadai.
    6. Yang bisa dilakukan yaitu mencari alternatif penggunaan media pembelajaran, mengikuti diklat, berbagi informasi dengan pendidik lainnya.

    BalasHapus
  11. 1.dapat memberikan contoh yang baik serta dapat menjadi acuan untuk kita,meberikan contoh baik terhadap siswa atau pelajar sehingga siswa dapat mencontoh apa yang di lakukan oleh seorang guru.
    2. Menjadikan suasana kelas tidak jenuh karena membuat siswa nyaman,gembira sehingga siswa bisa tertib dalam belajar kerena bisa menciptakan hal yang membuat siswa gembira
    3.memperbanyak literasi di kelas sehingga siswa tidak jenuh dan guru pun tidak berdiri tegah menjelaskan meteri saja
    4.menciptakan suasana baru,memberikan hal yang baik dari semua aspek

    BalasHapus
  12. 1. Pembelajaran melalui learning merdeka belajar, persamaan dan perbedaan pendidikan zaman kolonial dan sekarang.
    2. Mengenali profil siswa dan merangsang peserta didik supaya berfikir kritis, serta menjadikan peserta didik bisa sendiri atau mandiri
    3. Membangun daya serap siswa dan tidak membeda bedakan
    4. Upgrad pengetahuan dan kemampuan diri dalammenguasai materi pembelajaran sehingga peserta didik dapat mengerti dan memahamiapa yang d ajarkan.
    5. tantangan menghadapi siswa dengan rendahnya semangat belajar
    6. Sistem atau cara pembelajaran tidak lagi dengan mendengarkan penjelasan dari guru tetapi lebih berani berargumen,dan membuat strategi pembelajaran yang tidak menoton dan bisa menyesuaikan, menyenagkan peserta didik sehingga menjadi semangat peserta didik.
    ( Yayan Suryana )

    BalasHapus
  13. .dapat memberikan contoh yang baik serta dapat menjadi acuan untuk kita,meberikan contoh baik terhadap siswa atau pelajar sehingga siswa dapat mencontoh apa yang di lakukan oleh seorang guru.
    2. Menjadikan suasana kelas tidak jenuh karena membuat siswa nyaman,gembira sehingga siswa bisa tertib dalam belajar kerena bisa menciptakan hal yang membuat siswa gembira
    3.memperbanyak literasi di kelas sehingga siswa tidak jenuh dan guru pun tidak berdiri tegah menjelaskan meteri saja
    4.menciptakan suasana baru,memberikan hal yang baik dari semua aspek

    BalasHapus
  14. 1.dapat memberikan contoh yang baik serta dapat menjadi acuan untuk kita,meberikan contoh baik terhadap siswa atau pelajar sehingga siswa dapat mencontoh apa yang di lakukan oleh seorang guru.
    2. Menjadikan suasana kelas tidak jenuh karena membuat siswa nyaman,gembira sehingga siswa bisa tertib dalam belajar kerena bisa menciptakan hal yang membuat siswa gembira
    3.memperbanyak literasi di kelas sehingga siswa tidak jenuh dan guru pun tidak berdiri tegah menjelaskan meteri saja
    4.menciptakan suasana baru,memberikan hal yang baik dari semua aspek
    (Nuni Nurdevitasari)

    BalasHapus
  15. 1. a. lebih memahami apa itu pendidikan yang memerdekakan,b. lebih memahami maksud dari filosofi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara, c. mempunyai gambaran pendidikan pada zaman kolonial.

    2. a. Suamber belajar/fasilitas yg memadai, b. wawasan yang luas, c. pendekatan dengan berbagai teknik yang berbeda di setiap siswa.

    3. a. Agar menjadi guru yang bermutu dalam kepribadian dan spiritual, b. Sebagai role model keteladanan, c. bisa menyiapkan peserta didik untuk menjadi pembela nusa dan bangsa.

    4. a. menyusun strategi pembelajaran, b. memahami tekhnologi sebagai salah satu teknik pembelajaran, c. mengenali karakteristik peserta didik.

    5. a. sistem pembelajaran yang baru, b. beberapa keterbatasan rujukan penyampaian materi bahasa inggris berdasarkan buku yang diterbitkan, c. belom berpengalaman mengajar dengan program merdeka belajar.

    6. selalu mengupgrade keterampilan mengajar sesuai program merdeka belajar.

    BalasHapus
  16. 1. - Informasi tentang awal mula pendidikan pada masa Ki Hajar Dewantara
    - Filosofi Pendidikan, yaitu untuk memerdekakan
    - Tujuan Pendidikan dari Kolonial

    2. - Kedekatan emosional terhadap peserta didik
    - Mengenali karakter Peserta didik,
    - Memotivasi peserta didik untuk bisa mandiri

    3. Menentukan Target Proses Pembelajaran untuk masing-masing Peserta didik

    4. Menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan capaian ataupun tingkat kemampuan
    peserta didik

    5. Sulitnya menumbuhkan rasa keinginan "ingin Tahu" dan "Ingin Bisa" pada Peserta didik

    BalasHapus
  17. SUHENDAR,ST.
    1Sebutkan minimal 3 hal baru yang Anda dapatkan dari pembelajaran sejauh ini
    -SAYA DAPAtKAN arti filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantzaratentang pendidikan yang memerdekakan,
    -penerapan pembelajaran pendidikan yang memerdekakan lahir dan batin
    - mengubah paradigman pendidikn jaman kolonial dengan jaman sekarangan
    2.Sebutkan minimal 3 hal yang menjadi kekuatan Anda dalam menumbuhkan pendidikan yang
    - lebeih mngenal pribadi dan karateristik sisa
    - bersosialisi dna interaktif ynag nyaman dan mnyengkan dengn iswa
    - memotivasi untuk maniri dalam berlitersi dan numerasi untuk mngembnkan siswa
    3.Apa implikasi filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara ini pada diri Anda sebagai Guru?
    implikai PENEDEKATAN karaktear atau budaya siswa untuk mencapai tujuan pembeljaran agar mudan bisa diterimasiswa

    4. Hal yang dapat saya kembangkan untuk bisa menumbuhkan pendidikan yang memerdekakan dikelas dengan menciptakan suaa yang kondusif , nyaman dan riang gembiera dengan menyusun pembelajaran yang sesuai dengan capaian ataupun tingkat kemampuan peserta didik

    5. Tantangan saya dalam menumbuhkan pendidikan yang memerdekakan di kelas yaitu mengukur kempuan siswa dalam pencpain tujuan pembelqjraan karena pmebejaran produktif yang sulit dengen perhitungsn matemtika.

    selalu mengupgrade keterampilan mengajar sesuai program merdeka belajar.


    Tantangan saya dalam menumbuhkan pendidikan yang memerdekakan di kelas yaitu sulitnya keluar dari zona nyaman sistem pembelajaran, yang membuat siswa menjadi pasif di kelas .
    6.Apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tantangan yang Anda jelaskan di poin nomor 4?
    dengan terus mrgukukur tolak ukur kemampuan siwa dalam mnguasai pelajran dan menemukn formula metoda untuk bisa diterima...

    BalasHapus
  18. 1. Banyak hal yang baru yang saya dapatkan walaupun hal hal lama yang dimodifikasi
    2. Hal yang menjadi kekuatan lebih meningkatkan kecintaan terhadap dunia pendidikan
    3. Pembawa semanat baru walaupun saya sudah tua
    4. Banyak hal diantaranya dapat mendorong siswa untuk membuat karya yang lebih fantastik dan bisa membanggakan masyarakat
    5. Tantangannya saat ini karakter siswa kurang mendukung.
    6. Memperkenalkan siswa ke aplikasi baru yang saat ini belum mereka dapatkan.

    BalasHapus
  19. 1.Arti Filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara,Mengerti tentang pendidikan yang memerdekakan dan Penerapan pembelajaran pendidikan yang Memerdekakan.
    2. Memberikan pesan moral disetiap pembelajaran,Berbagi pengalaman Inspiratif, Memberikan contoh yang baik terhadap peserta didik.
    3. Selalu memberikan motivasi dan dukungan kepada siswa dengan bakat, minat dan kemampuan yang berbeda.
    4. Membuat desain pembelajaran yang mengkondisikan siswa, dan selalu mengupgrade diri agar lebih berkembang mengikuti zaman.
    5. Bagaimana cara menciptakan pendidikan yang memerdekakan dengan kondisi pembelajaran yang belum memadai fasilitasnya.
    6. Membuat strategi pembelajaran yang menyenangkandan tidak membosankan.
    (David Suhadian)

    BalasHapus
  20. Yandi Sopwan :12 juli 2021
    1. Filosofi pendidikan ki Hajar Dewantara samgat mengingatkan sekali bagi seorang pendidik harus paham tentang pendidikan yang memerdekakan
    2.Dalam hal ini yang menjadi kekuatan seorang pendidik harus merangsang atau memotivasi peserta didik untuk lebih mandiri, berpikir kritis dan harus di tuntut kreatif
    3. Agar pendidik harus selalu berada di depan dalam memerikan contoh teladan
    Dalam memeberikan motivasi pendidik harus berposisi di tengah-tengah
    Pendidik harus mendorong dan memeberi dukungan untuk berkarya ke arah yang
    benar kepada peserta didik
    4. Hal yang di kembangkan , saya merencankan metode pembelajaran yang tepat
    agar peserta didik lebing menyenangkan sehingga materi yang di sampaikan
    dapat terserap
    5. Yang menjadi tantangan : Bagaimana cara mensiasati peserta didik agar
    lebih semangat dalam proses belajar mengajar
    6. Dalam hal ini peserta didik diharapkan dLm sistem pembelajaran tidak lagi
    hanya dengan mendengarkan penjelasan dari guru saja akan tetapi harus
    kreatif dan mandiri

    BalasHapus
  21. 1. Tentang pilosofi Ki Hajar Dewantara, pendidikan memerdekakan dan pendidikan alam
    2. Percaya diri, memberikan keempatan kepada siswa untuk berinteraksi dan memperaktekan yang saya ajarakan
    3. Mendorong saya unuk terus belajar dan mengajar demi tercapainya pendidikan yang memerdekakan
    4. Biarkan siswa aktif, kreatif dan inopatif sehingga mereka mandiri
    5. Harus bisa merangsang anak bagaimana mereka bisa mencapai pendidikan yang memerdekakan
    6. Saya harus betul-betul memperhatikan setiap individu anak-anak bagaimana supaya mereka bisa aktif, kreatif dan inopatif

    BalasHapus
  22. Ahyan Budhi Permana12 Juli 2021 pukul 15.15

    1. Lebih memahami Filosopi Ki Hadjar Dewantoro yaitu memberikan suri tauladan yang baik terhdap siswa,Yang ahirnya setiap individu siswa bisa mencontoh apa yang dilihat didengar dan dilakukan oleh seorang guru .
    2. Metode pembelajaran yang menyenangkan ,tidak membeda bedakan siswa, memberikan reward dan funishmen yang edukatif.
    3. Memberikan contoh yang baik dari berbagai aspek .
    4. Membuat suasana kelas yang menyenangkan bersih dan tertib , perbanyak literasi , Membuat suasana pembelajaran dg metode yang menyenangkan dan merangsang siswa untuk berperan aktif.
    5. kemapuan atau potensi siswa yang beragam / dan juga berbagai latar belakang keluarga yang sangat dominan.
    6. Memperkaya khasanah wawasan metode pengaran dan juga bersabar menghadapi kondisi fsikis peserta didik yang beragam

    BalasHapus
  23. YUDI HERIYUDIN
    1. 3 hal yang didapat : 1. Memberikan wawasan pendidikan dari paparan filosofi Kihajar Dewantara 2. Memahami filosofi pendikan pada zaman dulu dan sekarang 3. Memahami tentang Kurikulum kemerdekaan
    2. 3 hal kekuatan menumbuhkan pendidikan : 1. memberikan motivasi yang mmaksimal kepada hal yang lebih baik 2. Memberikan pesan moral dengan mempertajam kekuatan iman dan iptek 3 . Memberikan suasana baru dalam mengajar / tidak monoton.
    3. Memberikan filosofi yang baik dimana pigur guru selain pengajar juga sebagai pendidik
    4. Hal yang dapat di kembangkan : menumbuhkan sifat kreatif anak , kebebasan berfikir dan merangsang untuk berinovasi
    5.Tantangannya : Merubah pola pikir anak kearah yang lebih baik dan membangkitkan pendidikan karakter anak melaui upaya sistem daring dan luring yang maksimal.
    6.Usaha yang dilakukan : Menambah wawasan baru terhadap anak sesuai dengan perkembangan jaman serta mempertajam kekuatan iman dan iptek anak untuk menghadapi era global dijam 5 titik nol ( teknologi digital ) .

    BalasHapus
  24. haryani
    sudah berkomentar setelah pak nico yan unknown..thanks

    BalasHapus
  25. Martono

    3 hal yang didapat dalam pembelajaran ini :
    a. Pembelajaran menggunakan aplikasi web
    B. Memberikan kemerdekaan dalam pembelajaran antara peserta didik dan guru
    C. Belajar yang menyenangkan
    2. 3 hal yang menjadikan kekuatan
    A. Lingkungan sekolah yang kondusif
    B. Saling bekerja sama antara rekan guru
    C. Peserta didik yang mandiri,rajin serat disiplin
    3. Guru itu di gugu dan ditiru apa yang dilakukan oleh guru, peserta didik akan mencotoh dan meniru
    4. Kelas sebagai media belajar sepwrti di rumah mereka sendiri sehingga peserta didik merasa nyaman dan menyenangkan
    5. Kemampuan siswa dan karakter serta intelektual siswa yang berbeda beda hal ini menjadi tangtangan saya untuk menjadi para peserta didik menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa
    6. Setiap peserta didik dibuat kelompok agar mereka dapat bekerja sama atau bergotong royong

    BalasHapus
  26. haryani
    .lebih memehami 3 semboyan ki hadjar dewantara
    b.Memerdekakan belajar salah satu jalan siswa dan guru untuk menggali potensi diri
    c. penerapan merdeka belajar
    2.a. wawasan yang memadai
    b .teknik pendekatan untuk memotivasi , mendukung meningkatkan kemampuan siswa untuk penerapan merdeka belajar
    c. sumber belajar yang lebih banyak melalui teknologi internet
    3.selalu memberikan motivasi dan dukungan kepada siswa dengan bakat , minat dan kemampuan yang berbeda.
    4.saya akan mengembangkan pembelajaran yang tidak terpaku apada 1 cara atau 1 sumber belajar , lebih memadu padankan teknik pengajaran sehingga bisa diterima siswa dengan kemampuaan yang berbeda
    5.tantangan saya adalah membuat siswa lebih kreatif dan menumbuhkan rasa keingintahuan yang tinggi .
    6.mengatasi dengan memberidan mengumpulkan tugas mandiri maupun kelompok dengan mencari sumber belajar menggunakan e learning .

    BalasHapus