etelah mengenal kurikulum Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila, Bapak dan Ibu diminta untuk melakukan refleksi kembali.
Lengkapi pernyataan di bawah ini isikan di kolom komentar
“Setelah memahami tentang kurikulum Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila, ternyata saya menyadari bahwa ...”
winnico septiandi
BalasHapus1 brimsn bertakwa kepada tuhan YME dan berkhlak mulia
2. berbineka global
3. bergotong royong
4. kreatif
5. bernalar kritis
6. mandiri
bahwa untuk mewujudkan kemerdekaan belajar itu tidak mudah tanpa ada dukungan dari berbagai sektor.
BalasHapus( Dera Rizki Aditiana )
1.beriman kepada tuhan yang maha esa
BalasHapus2.bertakwa kepada tuhan yang maha esa
3.berkebinekaan global
4.gotong royong
5 mandiri
(nuni nurdevitasari)
HARYANI SUMIARDI
BalasHapusbahwa pembentukan karakter siswa (attitude )adalah point yang penting seimbang dengan kemampuan akademik
“Setelah memahami tentang kurikulum Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila, ternyata saya menyadari bahwa Kurikulum sekolah penggerak adalah salah satu upaya pemerintah memfasilitasi tercapainya Pendidikan yang memerdekakan yang bertujuan menciptakan pelajar Pancasila yang baik di tengah pandemic covid”
BalasHapusSetelah memahami tentang kurikulum Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila, ternyata saya menyadari bahwa kurikulum tersebut harus terbentuk dengan baik, supaya dapat menghasilkan peserta didik yang bertakwa, berilmu, berkebinekaan, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis dan dapat mandiri.
BalasHapusBahwa untuk merealisasikan profil pelajar pancasila itu memerlukan waktu dan proses pemahaman yang membutuhkan watu yang relatif cukup lama
BalasHapusMokhammad Yogi Ginanjar
BalasHapusSetelah memahami tentang kurikulum Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila, ternyata saya menyadari bahwa tujuan sekolah penggerak adalah menghasilkan profil pelajar pancasila yg mampu menjawab tuntutan zaman, bersaing secara global dengan tuntunan nilai-nilai lokal. Pelajar panvasila adalah gambaran ideal bagi generasi Indonesia dimasa mendatang
Setelah memahami tentang kurikulum Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila, ternyata saya menyadari bahwa kurikulum saat ini harus bisa mengembangkan kreativitas siswa sesuai minat & bakatnya. Dimensi dalam profil pelajar pancasila yang harus dimiliki siswa diantaranya bertaqwa kepada Tuhan YME, berkebinekaan yang global (karena kita ada di negara dengan beragam budaya), gotong royong, kreatif, bernalar kritis, serta mandiri.
BalasHapusuntuk pembentukan karakter siswa adalah nilai sikap yang penting seimbang dengan kemampuan akademik.
BalasHapus( Yayan Suryana )
Setelah memahami tentang kurikulum Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila, ternyata saya menyadari bahwa :
BalasHapusTujuan sekolah penggerak adalah membentuk pelajar pancasila yg mampu DINAMIS menjawab tuntutan zaman, bersaing secara global dengan tuntunan nilai-nilai Pancasila dan karakter serta potensi Pribadi peserta didik.
Nisa Humaera,s.Pd.
BalasHapusUntuk terbentuknya profil pelajar pancasila dan guru sebagai pelaksana kurikulum di sekolah saya menyadari bahwa pembelajaran tidak bisa dijalankan dengan metode konvensional lagi.
Setelah memahami tentang kurikulum Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila, ternyata saya menyadari bahwa sekolah penggerak nantinya bertujuan untuk menghasilkan profil pelajar Pancasila yang mampu menjawab tuntutan zaman, mampu bersaing secara global dengan tuntunan nilai-nilai lokal. Pelajar Pancasila adalah gambaran ideal bagi generasi Indonesia di masa depan.
BalasHapusbahwa kita sebagai guru harus mengenal karakteristik atau profil dari peserta didik yang akan kita ajar, apabila kita sudah mengenali maka kita akan bisa mengarahkan dan juga mewujudkan profil penlajar pancasila
BalasHapusKurikulum Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila, ternyata saya menyadari bahwa tujuan sekolah penggerak adalah menghasilkan profil pelajar pancasila yg mampu menjawab tuntutan zaman
BalasHapusSetelah memahami tentang kurikulum sekolah penggerak dan propil pelajar Pancasila tujuanya adalah Beriman bertakwa kepada Tuhan YME,Berkebinekaan secara global,Bergotong Royong,Kreatif, Bernalar Kritis dan Mandiri
BalasHapus(David Suhadian)
Yandi Sopwan :
BalasHapusSetelah memahami tentang kurikulum sekolah penggerak dan profil pelajar pancasila , dari sini saya menyadiri tanpa di dukung oleh 6 dimensi ( bertqwa kepada Tuhan YME, Kebihinekaan Tunggal ika, Gotong royong, Kreatif, mampu menalar krtitis dan mandiri tidak akan berjalan sesuai dengan perkembangan zaman
Profil Pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih. Tujuan lainnya adalah menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dan para pemangku kepentingan
BalasHapusHaryani
BalasHapusSetelah memahami tentang sekolah penggerak dan profil pelajar,kita sebagai pendidik harus mencetak generasi / lulusan yang memliki soft skill yang bagus dengan di imbangi hard skill sesuai jurusan
Kurikulum yang berlaku saat ini memang perlu penyederhanaan /praktis yang memudahkan bagi para guru untuk menyampaikannya kepada peserta didik dan lebih fokus pada kegiatan pembelajaran dan sekilas kurikulum merdeka belajar lebih praktis
BalasHapusUntuk kurikulum sekolah penggerak dan profil pelajar Pancasila harus betul-betul di dasari dengan kebinekaan terutama kuatkan dulu pendidikan karakter siswa sejak dini, karena pendidikan karakter salah satu pendidikan paling dasar di dalam profil pelajar Pancasila
BalasHapusYUDI HERIYUDIN
BalasHapusKurikulum Sekolah Penggerak dan Profile Pelajar Pancasila :
1. Sekolah harus memiliki dasar Kurikulum Pendidikan Kemerdekaan melalui pemahaman butir pancasila dan mampu mengsinkronkan serta mengaplikasikannya untuk semua materi ajar yang terkait sehingga ada kesinambungan yang sehat antara pihak sekolah, guru dan siswa serta semua pihak yanng terkait dalam dunia kependidikan
2. Untuk pelajar yang profilnya berkarakter PANCASILA memiliki dan mampu mengaflikasikan sifat :
a. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berahlak mulia
b.Berkebinekaan global
c. Memiliki sifat bergotong royong
d.Berkepribadian mandiri dan kreatif
e. Bernalar kritis