1.16 Refleksi Terbimbing - Capaian Pembelajaran

 

Setelah melakukan kegiatan di sesi sebelumnya,  sekarang mari kita refleksikan proses dan hasil pekerjaan Bapak/Ibu dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini di kolom komentar  : 

  1. Bagaimana menggunakan Capaian Pembelajaran dengan prinsip pembelajaran yang disesuaikan tingkat pencapaian siswa (kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar sesuai dengan fase perkembangan anak)? 
  2. Bagaimana implikasinya pada pembelajaran di mata pelajaran/program keahlian yang Bapak/Ibu ampu?
  3. Bagaimana peran Capaian Pembelajaran dalam mempersiapkan siswa masuk dunia kerja?

17 komentar:

  1. 1. memulai perencanaan yang maksimal, melalui perencanaa yang baik, dapat mengatasi atau meminimalisir permasalahan - permasalahan yang nantinya akan muncul, sehingga pembalajaran dapat di capai
    2. meberikan motivasi di setiap pembelajaran, menerangkan pembelajaran yang akan di peraktekan dan selebihnya siswa menacari pembahasan selanjutnya
    3. dengan membangun mental peserta didik yang mempu bersaing di duniak kerja

    winnico septiandi

    BalasHapus
  2. 1.Membuat perencanaan yang matang dan menyusun bahan ajar dengan strategi melihat kondisi peserta didik yang tidak semuanya sama,share isu ke peserta didik agar mereka dapat berdiskusi dan menyelesaikan.
    2.Memberikan semangat dan motivasi di setiap pembelajaran dan memberikan bahan diskusi unruk peserta didik.
    3.mempersiapkan peserta didik dengan mental dan berdaya saing tinggi sehingga dapat menghadapi persaingan global dengan dunia industri..

    BalasHapus
  3. haryani sumiardi
    1. membuat prosem dan prota yang disesuaikan dengan tingkatan usia anak sehingga mendapatkankan pengalaman belajar sesuai dengan tingkat kompetensinya.
    2. menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memggunakan sumber belajar yang bervariasi sehingga siswa tidak terbebani dengan materi yang disampaikan.
    3.mempersiapkan siswa dengan bekal kemampuan secara softskill dan hard skill dan mampu bersaing di dunia kerja

    BalasHapus
  4. 1. Membuat prosem, prota dan menyusun Rencana pelaksanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan peserta didik sehingga dapat diterapkan kepada peserta didik dengan baik
    2. memberikan motivasi dan menciptakan suasana belajar yang berbeda-beda sehingga proses Kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan
    3. Mempersiapkan bekal ilmu dan kemampuan peserta didik dengan apa yang telah mereka dapatkan sewaktu belajar di sekolah.

    BalasHapus
  5. 1. Membuat prosem dan prota sesuai CAPAIAN PEMBELAJARAN yang sudah ditetapkan dan disesuaikan
    dengan fase-fasenya (E dan F)

    2. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan memperhatikan potensi dan minat
    peserta didik.

    3. Memberikan rambu dan arah yang jelas dan terukur dalam proses pembelajaran terhadap peserta
    didik dengan bekal kemampuan secara softskill dan hard skill dan mampu bersaing di dunia
    kerja

    BalasHapus
  6. Yayan Suryana
    1. Dimulai dari pembuatan perencanaan atau prosem dan prota yang dilaksanakan harus sesuai dengan kebutuhan dan penerapan kepada peserta didik
    2. Memberikan semangat dan motivasi di setiap pembelajaran dan memberikan bahan diskusi serta komunikasi untuk peserta didik.
    3. Melakukan persiapan kemampuan serta ilmu yang telah di dapatkan pada waktu sekolah

    BalasHapus
  7. 1. Membuat prosem dan prota sesuai CAPAIAN PEMBELAJARAN yang sudah ditetapkan dan disesuaikan
    dengan fase-fasenya
    2. Memberikan motivasi dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga proses Kegiatan belajar mengajar tidak monoton
    3. Memberikan arahan yang jelas sesuai dengan peminatan siswa sehingga siswa dapat mencapai kompetensi nya

    BalasHapus
  8. 1. Membuat prosem dan prota sesuai CAPAIAN PEMBELAJARAN yang sudah ditetapkan dan disesuaikan
    2. memberikan motivasi dan menciptakan suasana belajar yang berbeda-beda sehingga proses Kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan
    3. Memberikan rambu dan arah yang jelas dan terukur dalam proses pembelajaran terhadap peserta
    didik dengan bekal kemampuan secara softskill dan hard skill dan mampu bersaing di dunia
    kerja.

    BalasHapus
  9. Mokhammad Yogi Ginanjar
    1. Melalui perencanaan yang maksimal, seorang guru dapat menentukan strategi apa yang digunakan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Perencanaan dapat menghindarkan kegagalan pembelajaran.
    2. Capaian pembelajaran menunjukkan kemajuan belajar yang digambarkan secara vertikal dari satu tingkat ke tingkat yang lain serta didokumentasikan dalam suatu kerangka kualifikasi. Capaian pembelajaran harus disertai dengan kriteria penilaian yang tepat yang dapat digunakan untuk menilai bahwa hasil pembelajaran yang diharapkan telah dicapai, sehingga implikasinya saya harus merumuskan tujuan pembelajran serta mempersiapkan asesmen yang sesuai untuk mengukur ketercapaian dari pembelajaran yang mengacu pada capaian pembelajaran
    3. Capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap,keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. Sehingga yang perlu dilakukan agar output sesuai dengan yang diharapkan dengan dunia kerja maka kita harus membuat capaian pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja

    BalasHapus
  10. 1. Dengan fase diharapkan pelajar akan dapat memiliki banyak waktu untuk menjalani proses belajar sehingga dapat mengupas konsep-konsep dan mempelajari keterampilan kunci, sehingga materi dapat dihantarkan dengan eksploratif dan pendalaman, bukan sekadar transfer pengetahuan semata.
    2. Memberikan semangat dan motivasi di setiap pembelajaran dan memberikan bahan diskusi serta komunikasi untuk peserta didik.
    3. Mempersiapkan peserta dididk untuk masuk dunia kerja dan siap bersaing.
    2.

    BalasHapus
  11. Yandi Sopwan :
    1. proses pembelajaran disesuaikan dengan karakter dan keinginan
    peserta didik.
    2. berpengaruh sangat besar terhadap keberhasilan pada mata pelajaran yang
    ampu
    3. Karena siswa dapat menetukan keinginanya dan mempermudah siswa di dalam
    memilih dunia kerja yang diinginkannya

    BalasHapus
  12. 1. Memahami karakter siswa terlebih dahulu, selanjutnya membuat rencana/kerangka pelaksanaan pembelajaran yang didalamnya mencakup capaian pembelajaran

    2. Keterlibatan Capaian Pembelajaran di bidang ilmu kimia sangat berperan penting, karena menjadikan pembelajaran lebih terstruktur, teroganisir, dengan melihat background peserta didik (karakternya)

    3.Mejadikan siswa lebih siap baik dalam softskill maupun hardskill nya di dunia kerja

    BalasHapus
  13. 1.Sesuai tingkat kemampuan siswa dalam hal menerima materi pembelajaran .
    2.Menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan siswa yang sebelumnya sudah dikuasai dan yang akan dipelajari selanjutnya.
    3. Akan terlihat siswa yang kompeten dan yang belum kompeten sesuai hasi evaluasi.Yang kompeten berarti siap kerja

    BalasHapus
  14. 1. Dengan persiapan yang matang tidak gegabah harus mengetahui karakter anak secara individu, cepat dan tepat kena sasaran untuk pencapai pembelajaran
    2. Memberikan semangat dan motivasi di siplin tinggi, semangat menciptakan anak-anak yang kualitas unggul dan menjadi percontohan juga buat adik-adik kelasnya
    3. Menciptakan anak-anak yang kompeten di setiap jurusan dan siap kerja sesuai dengan harapan terutama dari pihak DUDI

    BalasHapus
  15. YUDI HERIYUDIN
    1. Membuat perencanaan yang matang dan maksimal sesuai dengan tingkat kemampuan siswa , serta menyusun bahan ajar dengan strategi mudah di cerna dan sederhana , dapat berdiskusi dalam menyikapi materi ajar dan menyelesaikan masalah yang terkandung dalam materi tersebut.
    2.Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan / membuat suasana baru dan melakukann demonstari oleh peserta didik sesuai dengann skill yang mereka miliki serta merangsang siswa untuk tampil brani , brfikir kriti, kreatif dan berinovasi.
    3. Mremberikan motivasi akan pentingnya keahlian untuk dunia nyata / kerja serta menciptakan peserta didik kompeten di setiap jurusanya terutama dalam menghadapi DU/DI dengan tujuan utama anak dapatn bekerja cepat, tersalurkan dan diserap oleh Industri / Intansi pemerintah.

    BalasHapus
  16. Nisa Humaera,S.Pd.

    1. Bagaimana menggunakan Capaian Pembelajaran dengan prinsip pembelajaran yang disesuaikan tingkat pencapaian siswa (kebutuhan, kecepatan, dan gaya belajar sesuai dengan fase perkembangan anak)?
    - Melalui perencanann yang maksimal, seorang guru dapat menentukan strategi apa yang
    digunakan agar tujuan pembeljaran dapat tercapai.

    2. Bagaimana implikasinya pada pembelajaran di mata pelajaran/program keahlian yang Bapak/Ibu ampu?
    - Peserta didik mampu menguasai teknik berkomunikas secara lisan dan tulisan dalam kegiatan
    sehari hari dengan pendidik menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga proses
    Kegiatan belajar mengajar tidak membosankan.

    3. Bagaimana peran Capaian Pembelajaran dalam mempersiapkan siswa masuk dunia kerja?
    - Menyelaraskan dunia pendidikan dan dunia kerja diharapkan dapat menghasilkan kualitas
    lulusan atau pencari kerja yang dapat memenuhi kualifikasi dan persyaratan yang dibutuhkan
    dunia kerja atau dapat melakukan wirausaha secara mandiri.

    BalasHapus
  17. Nuni Nurdevitasari
    1. menyusun bahan ajar dengan strategi melihat kondisi peserta didik yang tidak semuanya sama
    2.Memberikan semangat dan motivasi di setiap pembelajaran agar peserta didik memiliki rasa semangat
    3.mempersiapkan peserta didik dengan mental dan berdaya saing tinggi sehingga dapat menghadapi persaingan global dengan dunia industri

    BalasHapus