1.17 Demonstrasi Konstekstual - Capaian Pembelajaran

 


Disesi ini bapak/Ibu akan melakukan kegiatan individu terkait Capaian Pembelajaran pada mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu. Silakan buka lagi dokumen Capaian Pembelajaran pada Mata Pelajaran yang Bapak/Ibu ampu. Jika Bapak/Ibu kesulitan untuk menemukan lagi dokumen Capaian Pembelajaran Anda, Bapak/Ibu bisa mengunduh lagi dokumennya di bawah ini!

CP MAPEL UMUM

CP MAPEL KEJURUAN


Apabila bapak/Ibu sudah mendapatkan dokumen Capaian Pembelajaran dari mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu, silakan mempelajari lagi dokumen tersebut dengan seksama, lalu silakan bapak/Ibu mengidentifikasi dokumen tersebut dengan ketentuan yang ada pada petunjuk pelaksanaan sebagai berikut :

  • Tujuan Kegiatan Menentukan Gambaran Aktivitas Pembelajaran
Kegiatan menentukan gambaran aktivitas pembelajaran ini bertujuan supaya bapak/Ibu lebih memahami Capaian Pembelajaran dari mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu. Selain itu, dengan kegiatan identifikasi ini, diharapkan Bapak/Ibu bisa memiliki gambaran aktivitas pembelajaran dari masing-masing elemen pada Capaian Pembelajaran dari mata pelajaran yang Bapak/Ibu ampu. 

Gambaran aktivitas pembelajaran tersebut harus bisa disesuaikan dengan kondisi siswa dan kondisi satuan pendidikan tempat bapak/Ibu mengajar. Hal ini sesuai dengan salah satu prinsip Capaian pembelajaran, yakni otonomi, yang menegaskan bahwa bahwa proses belajar harus didasari oleh kebutuhan siswa, serta satuan pendidikan diberikan kebebasan untuk menyesuaikan Capaian Pembelajar dengan kondisinya masing-masing.

  • Langkah-Langkah Menentukan gambaran Aktivitas Pembelajaran

  1. Pilih satu fase yang sedang Bapak/ibu ampu dalam dokumen Capaian Pembelajaran pada mata pelajaran/program keahlian yang Bapak/Ibu ampu (pilih fase E untuk guru program kejuaruan).
  2. Plih satu elemen/domain dari fase yang Bapak/Ibu plih.
  3. Cermati kompetensi yang ingin dicapai pada satu elemen/domain yang telah Bapak/Ibu pilih tadi.
  4. Tentukanlah gambaran aktivitas pembelajaran dari masing-masing kompetensi yang ingin dicapai pada elemen/domain tersebut. 
  5. Gambaran aktivitas pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan satuan pendidikan tempat Bapak/Ibu mengajar. Beberapa faktor yang bisa Bapak/Ibu jadikan pertimbangan untuk menentukan gambaran aktivitas pembelajaran, diantaranya:
    • Gaya Belajar peserta didik
    • Kegemaran peserta didik
    • Kondisi psikis  peserta didik
    • Kondisi fasilitas satuan pendidikan tempat Bapak/Ibu mengajar
    • Kondisi Sosial dan budaya di lingkungan sekitar satuan pendidikan Bapak/Ibu
    • Kearifan lokal di lingkungan sekitar satuan pendidikan Bapak/Ibu
  6. Tuliskanlah hasil pekerjaan Bapak/Ibu ke dalam lembar kerja berikut ini yang bisa anda unduh disini
  7. Tuliskan hasil pekerjaan bapak/Ibu dengan jelas dan lengkap, terutama dalam kolom Faktor Pertimbangan Penentuan Gambaran Aktivitas Pembelajaran. Deskripsikanlah faktor-faktor pertimbangan tersebut sedetil mungkin.
  8. Unggah hasil pekerjaan Bapak/Ibu pada link  yang disediakan di bawah ini!
  9. UNGGAH HASIL PEKERJAAN

14 komentar:

  1. 1.17 Demonstrasi Konstekstual - Capaian Pembelajaran
    Alhamdulillaah selesai terupload walau sangat mungkin masih banyak kekurangan.

    BalasHapus
  2. Langkah-langkah mnentuan aktivitas pembelajaran sudah selesai di upload

    BalasHapus
  3. Sudah mengupload file lembar kerja soal 1.17
    ( Yayan Suryana )

    BalasHapus
  4. Berikut adalah gambaran aktifitas pembelajaran yang saya rencanakan. Semoga dapat terlealisasikan

    BalasHapus
  5. YANDI SOPWAN :
    1.17 sudah di upload

    BalasHapus
  6. YUDI HERIYUDIN
    1.17 UDAH DI UP LOAD

    BalasHapus
  7. Rudi Supriadi
    1.17 sudah di upload

    BalasHapus
  8. MARTONO

    TUGAS 1.17 SUDAH DIKERJAKAN

    BalasHapus