1.2 Eksplorasi Konsep - Pendidikan yang Memerdekakan

Pada bagian ini Bapak/Ibu akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Pendidikan yang Memerdekakan. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Pendidikan yang Memerdekakan. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami Pendidikan yang Memerdekakan tersebut. 

Selamat berproses!

Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

 

“Pendidikan merdeka itu ... berdaya upaya dengan sengaja untuk memajukan hidup – tumbuhnya budi- pekerti (rasa – fikiran, rokh) dan badan anak dengan jalan pengajaran, teladan dan pembiasaan jangan disertai perintah dan paksaan” 

Berdasarkan quotes di atas, tentunya kita bisa mengetahui bahwa Pendidikan yang Memerdekakan terinspirasi dari pemikiran Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara. Namun untuk bisa lebih memahami seperti apa pendidikan yang memerdekakan itu, kita perlu lihat lebih dalam pemikiran-pemikiran beliau. Bagian-bagian di bawah ini akan membantu Anda dalam memahami komponen-komponen yang menggambarkan seperti apa Pendidikan yang Memerdekakan

 

. Pada bagian ini Bapak/Ibu akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Pendidikan yang Memerdekakan. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Pendidikan yang Memerdekakan. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami Pendidikan yang Memerdekakan tersebut. 

Selamat berproses!


Pendidikan Zaman Kolonial

Untuk mengawali pendalaman ini, marilah kita saksikan sebuah video mengenai pendidikan di zaman kolonial terlebih dahulu. Setelah video ini, silakan Anda jawab beberapa pertanyaan yang ada.

 


Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara

Bapak/Ibu, setelah merefleksikan kondisi pendidikan di zaman kolonial dengan kaitannya dengan zaman sekarang, marilah kita mendalami lebih lanjut seperti apa pendidikan yang memerdekakan. Pendidikan yang Memerdekakan ini terinspirasi dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara terkait pendidikan. Disini Anda akan diminta untuk menonton video “Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara” serta mengakses bacaan “Azaz Pendidikan Ki Hadjar Dewantara”. 

Silahkan cermati video berikut.


Azas Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Selanjutnya, silahkan cermati bahan bacaan berikut.

 

Pengajaran Sesuai dengan Capaian atau Tingkat Kemampuan

Bapak/Ibu, Anda akan memasuki salah satu materi yaitu, Pengajaran sesuai dengan capaian atau tingkat kemampuan peserta didik. Silakan baca terlebih dahulu sebelum Anda menjawab pertanyaan di bawah. Di tengah bacaan, juga akan terdapat tautan yang perlu Anda masuki (Klik tautan yang ada dibawah bahan bacaan).

Penutup

Terima Kasih Bapak/Ibu sudah mengikuti sesi pembelajaran Eksplorasi Konsep bagian Pendidikan yang Memerdekakan. Mari kita bawa pemahaman yang sudah kita dapatkan pada bagian ini untuk masuk ke bagian berikutnya, yaitu Ruang Kolaborasi.

20 komentar:

  1. saya sudah mengisi untuk pertanyaan 1.2

    BalasHapus
  2. saya sudah mengisi pertanyaan 1.2

    BalasHapus
  3. Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran yg bertujuan untuk memanusiakam manusia (humanisasi) hingga meningkatkan sampai taraf insani dimana pada prosesnya tidak hanya terjadi transfer of knowledge tapi juga transfer of skill n value melalui 3 semboyan Ing Ngarso Sing Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani (Mokhammad Yogi Ginanjar)

    BalasHapus
  4. KALAU MEMBAHAS FILOSOSFIS KAYANYA HARUS LANSUNG DARI SUMBER PENJELASAN DARI AHLINYA ITU KARENA TERBAWA PADA PEMIKIRAN DIRI SENIDIRI (suhendar, ST )

    BalasHapus
  5. dari materi diatas bisa disimpulkan bahwa pendidikan harus diorientasikan pada capaian kompetensi peserta didik sesuai dengan minat dan bakat peserta didik

    BalasHapus
  6. menurut saya pengajaran dan pendidikan harus terus maju,update dan upgrade bukan hanya dalam pengetahuan tapi juga dalam kemampuan,.
    ( Dera Rizki Aditiana )

    BalasHapus
  7. Pendidikan itu memang sangat penting untuk kemajuan bangsa, makanya dari dulu sudah diajarkan membaca, menulis dan menghitung, cuma tinggal SDM nya yang harus ditingkatkan motivasi belajarnya

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Sangat Setuju dan memang harus seperti itu

    BalasHapus
  10. setelah menyimak dan mencermati materi di atas, bahwa untuk pengejaran harus sesuia dengan pencapaian atau tingkat kemampuan kompetensi siswa.
    ( Yayan Suryana )

    BalasHapus
  11. Pendidikan merdeka berarti daya upaya untuk memajukan tumbuhnya budi pekerti, (rasa – fikiran, roh) dan badan anak, dengan jalan pengajaran, teladan dan pembiasaan, jangan disertai perintah dan paksaan. Jika pendidikan disertai perintah dan paksaan maka pendidikan tidak bisa disebut pendidikan merdeka.

    BalasHapus
  12. Pendidikan terhadapa peserta didik intinya adalah untuk memnerikan "Pendidikan" dan "Pengajaran" namun perlu diingat bahwa tujuan akhir dari dari proses tersebut tidaklah bisa disamaratakan karena peserta didik memiliki keunikan-keunikan dan potensi diri masing-masing

    BalasHapus
  13. Pendidikan itu sangatlah penting, karena pendidikan adalah proses transformasi ilmu pengetahuan agar menghasilkan insan yang tersisik

    BalasHapus
  14. Ahyan Budhi Permana12 Juli 2021 pukul 13.16

    Pendidikan itu sangatlah penting, karena pendidikan adalah proses transformasi ilmu pengetahuan agar menghasilkan insan yang terdidik

    BalasHapus
  15. Pengajaran sesuai dengan capaian atau tingkatan kemampuan para peserta didik

    BalasHapus
  16. Setelah melihat di video ada beberapa perbedaan tentang pendidikan yaitu menguatkan saya mana pendidikan untuk mencapai kemerdekaan saja dan pendidikan zaman yang tidak ada batasnya

    BalasHapus
  17. Martono
    Pendidikan sangat penting sekali di dalam pembelajaran dimana peserta didik yang tadinya tidak tau menjadi tau, yang tadinya tidak mengerti menjadi mengerti, yang tadinya tidak bisa menjadi bisa

    BalasHapus
  18. HARYANI
    pendidikan yang menitikkan beratkan fase tingkatan pada siswa sehingga mereka bisa menggali npotensi diri

    BalasHapus
  19. YUDI HERIYUDIN
    LK UDAHB TERKIRIM
    FILOSOFI Kihajar Dewantara mengajarkann kita dari tidak bisa menjadi bisa dengann tujuan mencapai INDONESIA MERDEKA

    BalasHapus