Pada bagian ini Bapak/Ibu akan mencoba
mendalami lebih jauh, seperti apa yang dimaksud dengan Pendidikan yang
Memerdekakan. Anda secara mandiri akan berproses dengan paparan materi
berbentuk video, ataupun artikel/slide powerpoint yang berisikan keterangan
mengenai Pendidikan yang Memerdekakan. Di tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian
penugasan mandiri yang perlu Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk
mendalami Pendidikan yang Memerdekakan tersebut.
Selamat
berproses!
Filosofi
Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
“Pendidikan merdeka itu ... berdaya upaya
dengan sengaja untuk memajukan hidup – tumbuhnya budi- pekerti (rasa – fikiran,
rokh) dan badan anak dengan jalan pengajaran, teladan dan pembiasaan jangan
disertai perintah dan paksaan”
Berdasarkan quotes di atas, tentunya kita bisa mengetahui
bahwa Pendidikan yang Memerdekakan terinspirasi dari pemikiran Bapak Pendidikan
Nasional, Ki Hadjar Dewantara. Namun untuk bisa lebih memahami seperti apa
pendidikan yang memerdekakan itu, kita perlu lihat lebih dalam
pemikiran-pemikiran beliau. Bagian-bagian di bawah ini akan membantu Anda dalam
memahami komponen-komponen yang menggambarkan seperti apa Pendidikan yang
Memerdekakan
.
Pada bagian ini Bapak/Ibu akan mencoba mendalami lebih jauh, seperti apa yang
dimaksud dengan Pendidikan yang Memerdekakan. Anda secara mandiri akan
berproses dengan paparan materi berbentuk video, ataupun artikel/slide
powerpoint yang berisikan keterangan mengenai Pendidikan yang Memerdekakan. Di
tiap bagiannya nanti akan terdapat serangkaian penugasan mandiri yang perlu
Anda kerjakan, namun mampu membantu Anda untuk mendalami Pendidikan yang
Memerdekakan tersebut.
Selamat
berproses!
Pendidikan Zaman Kolonial
Untuk mengawali pendalaman ini, marilah kita saksikan
sebuah video mengenai pendidikan di zaman kolonial terlebih dahulu. Setelah
video ini, silakan Anda jawab beberapa pertanyaan yang ada.
Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara
Bapak/Ibu, setelah merefleksikan kondisi pendidikan di zaman kolonial dengan kaitannya dengan zaman sekarang, marilah kita mendalami lebih lanjut seperti apa pendidikan yang memerdekakan. Pendidikan yang Memerdekakan ini terinspirasi dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara terkait pendidikan. Disini Anda akan diminta untuk menonton video “Refleksi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara” serta mengakses bacaan “Azaz Pendidikan Ki Hadjar Dewantara”.
Silahkan cermati video berikut.
Azas Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Selanjutnya, silahkan cermati bahan bacaan berikut.
Pengajaran Sesuai dengan Capaian atau Tingkat Kemampuan
Bapak/Ibu, Anda akan memasuki salah satu materi yaitu, Pengajaran sesuai dengan capaian atau tingkat kemampuan peserta didik. Silakan baca terlebih dahulu sebelum Anda menjawab pertanyaan di bawah. Di tengah bacaan, juga akan terdapat tautan yang perlu Anda masuki (Klik tautan yang ada dibawah bahan bacaan).
Penutup
Terima Kasih Bapak/Ibu sudah mengikuti sesi pembelajaran Eksplorasi Konsep bagian Pendidikan yang Memerdekakan. Mari kita bawa pemahaman yang sudah kita dapatkan pada bagian ini untuk masuk ke bagian berikutnya, yaitu Ruang Kolaborasi.
saya sudah mengisi untuk pertanyaan 1.2
BalasHapussaya sudah mengisi pertanyaan 1.2
BalasHapussudah
BalasHapusPendidikan adalah suatu proses pembelajaran yg bertujuan untuk memanusiakam manusia (humanisasi) hingga meningkatkan sampai taraf insani dimana pada prosesnya tidak hanya terjadi transfer of knowledge tapi juga transfer of skill n value melalui 3 semboyan Ing Ngarso Sing Tulodo, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani (Mokhammad Yogi Ginanjar)
BalasHapusKALAU MEMBAHAS FILOSOSFIS KAYANYA HARUS LANSUNG DARI SUMBER PENJELASAN DARI AHLINYA ITU KARENA TERBAWA PADA PEMIKIRAN DIRI SENIDIRI (suhendar, ST )
BalasHapusdari materi diatas bisa disimpulkan bahwa pendidikan harus diorientasikan pada capaian kompetensi peserta didik sesuai dengan minat dan bakat peserta didik
BalasHapusmenurut saya pengajaran dan pendidikan harus terus maju,update dan upgrade bukan hanya dalam pengetahuan tapi juga dalam kemampuan,.
BalasHapus( Dera Rizki Aditiana )
Pendidikan itu memang sangat penting untuk kemajuan bangsa, makanya dari dulu sudah diajarkan membaca, menulis dan menghitung, cuma tinggal SDM nya yang harus ditingkatkan motivasi belajarnya
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSangat Setuju dan memang harus seperti itu
BalasHapussetelah menyimak dan mencermati materi di atas, bahwa untuk pengejaran harus sesuia dengan pencapaian atau tingkat kemampuan kompetensi siswa.
BalasHapus( Yayan Suryana )
Pendidikan merdeka berarti daya upaya untuk memajukan tumbuhnya budi pekerti, (rasa – fikiran, roh) dan badan anak, dengan jalan pengajaran, teladan dan pembiasaan, jangan disertai perintah dan paksaan. Jika pendidikan disertai perintah dan paksaan maka pendidikan tidak bisa disebut pendidikan merdeka.
BalasHapusPendidikan terhadapa peserta didik intinya adalah untuk memnerikan "Pendidikan" dan "Pengajaran" namun perlu diingat bahwa tujuan akhir dari dari proses tersebut tidaklah bisa disamaratakan karena peserta didik memiliki keunikan-keunikan dan potensi diri masing-masing
BalasHapusPendidikan itu sangatlah penting, karena pendidikan adalah proses transformasi ilmu pengetahuan agar menghasilkan insan yang tersisik
BalasHapusPendidikan itu sangatlah penting, karena pendidikan adalah proses transformasi ilmu pengetahuan agar menghasilkan insan yang terdidik
BalasHapusPengajaran sesuai dengan capaian atau tingkatan kemampuan para peserta didik
BalasHapusSetelah melihat di video ada beberapa perbedaan tentang pendidikan yaitu menguatkan saya mana pendidikan untuk mencapai kemerdekaan saja dan pendidikan zaman yang tidak ada batasnya
BalasHapusMartono
BalasHapusPendidikan sangat penting sekali di dalam pembelajaran dimana peserta didik yang tadinya tidak tau menjadi tau, yang tadinya tidak mengerti menjadi mengerti, yang tadinya tidak bisa menjadi bisa
HARYANI
BalasHapuspendidikan yang menitikkan beratkan fase tingkatan pada siswa sehingga mereka bisa menggali npotensi diri
YUDI HERIYUDIN
BalasHapusLK UDAHB TERKIRIM
FILOSOFI Kihajar Dewantara mengajarkann kita dari tidak bisa menjadi bisa dengann tujuan mencapai INDONESIA MERDEKA