1.3.Ruang Kolaborasi - Pendidikan yang Memerdekakan

 

Setelah kita memahami mengenai Filosofi Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara, Kita mengenal Pengajaran sesuai dengan capaian atau tingkat kemampuan  serta kita sudah memahami pentingnya mengenal peserta didik kita, maka sekarang saatnya Anda membagikan pengetahuan Anda. Bapak/Ibu akan diminta untuk:

  • Membuat sebuah karya visual 2 dimensi sederhana (poster, infografis,dsb.) dalam kelompok yang berisi tips-tips cara untuk mengenal potensi/karakteristik peserta didik
  • Silakan diskusikan dengan kelompok Anda terlebih dahulu
  • Beberapa pertanyaan yang bisa memandu Anda dalam membentuk karya ini:
  1. Mengapa kita perlu mengenal peserta didik dalam menerapkan Pendidikan yang Memerdekakan?
  2. Apa saja cara yang dapat digunakan untuk mengenal potensi/karakteristik peserta didik Anda? jelaskan! 


Prosedur pengerjaannya:

  1. Anda bekerja dalam kelompok yang terdiri dari 3-4 orang.
  2. Sepakati waktu pengerjaan bersama dengan anggota kelompok Anda
  3. Bersama dengan kelompok Anda, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan tersebut dan buatlah karya visual kelompok Anda
  4. Gunakan forum diskusi ini untuk melakukan diskusi
  5. Perwakilan dari anggota kelompok mengunggah hasil pekerjaan kelompok di Unggah hasil Ruang Kolaborasi - Pendidikan yang Memerdekakan 


Selamat berdiskusi!

Unggah hasil Ruang Kolaborasi

Silahkan perwakilan dari anggota kelompok unggah hasil pekerjaan kelompok di kegiatan ruang kolaborasi pada kegiatan ini. Tugas yang diunggah oleh perwakilan anggota kelompok secara otomatis akan ter-submit untuk semua anggota kelompok.

6 komentar:

  1. Ahyan Budhi Permana12 Juli 2021 pukul 15.12

    Pendidikan harus diutamakan

    BalasHapus
  2. sebelum mengajar kita harus mengenal seperti apa karakteristik peserta didik

    BalasHapus
  3. Mokhammad Yogi Ginanjar
    Karakteristik peserta didik bisa dilakukan dengan:
    1. Pendekatan psikologis
    2. Pemahaman tentang lingkungannya
    3. Asesmen awal minat dan bakat

    BalasHapus

  4. Proses Pembelajaran akan relatif lebih berhasil apabila seorang guru mengenali emosional, hobi, potensi, minat, kondisi psikis, dan karakter peserta didik. Untuk itu seorang guru harus memiliki kemampuan pendekatan emosional terhadap peserta didik, sehingga mampu menyesuaikan komunikasi yang terbaik terhdapa peserta didik dan peserta didik akan menerima apa yang kita sampaikan dengan sukarela tanpa merasa ada paksaan.

    BalasHapus
  5. Yandi Sopwan
    Dalam proses belajar mengajar pendidik harus dapat membaca situasi /keadaan terutama pada peserta didik , di sesuiakan dengan kemampuan peserta didik terutama karakteristinya

    BalasHapus
  6. YUDI HERIYUDIN
    1. Peserta didik sebagai aset bangsa maka perlu dibekali ilmu pengetahuan dan didik / memperkuat karakernya dalamm menjadikan profile pelajar pancasila
    2. Pendekatan dengan peserta didik secara psikologi , penguatan pendidikan karakter serta motivasi menuju kesuksesan .

    BalasHapus