1.6 Mulai Dari Diri - Kerangka Kurikulum

 

Bapak dan Ibu.  Selamat datang di unit modul Kerangka Kurikulum. 

Pada unit modul ini, Bapak dan Ibu akan mengenal kerangka dasar kurikulum, Profil Pelajar Pancasila, struktur kurikulum, serta prinsip pembelajaran dan asesmen. Untuk memulai unit ini, Bapak dan Ibu diminta melakukan refleksi diri mengenai pandangan personal terhadap kurikulum.

Silakan Anda jawab sesuai dengan pengalaman dan pemikiran Anda sendiri di kolom komentar

1. Menurut pendapat Anda, apa peran dari kurikulum di dalam satuan pendidikan?

2. Menurut pendapat Anda, apa peran dari kurikulum di dalam pembelajaran?

3. Bagaimana selama ini, Anda menggunakan kurikulum sebagai peta jalan untuk proses pembelajaran sehari-hari?

4. Bagaimana selama ini Anda mengukur ketercapaian tujuan yang ada di dalam kurikulum?

 

25 komentar:

  1. 1.menurut pendapat saya peran kurikulum dalam satuan pendidikan sangatlah penting,merumuskan kegiatan belajar mengajar,dan menginformasikan semua laur pendidikan.
    2.peran kurikulum dalam pembelajaran adalah dapat memebrikan informasi kegiatan belajar dan mengajar.
    3.kurikulum sebagai pusat informasi daru seluruh kegiatan belajar mengajar
    4.dengan bekerja sama satu sama lain dan memberikan informasi yang akurat tentang peserta didik dan segala kegiatan belajarnya.
    ( Dera Rizki Aditiana )

    BalasHapus
  2. 1. dalam kegiatan administrasi sekolah memegang peran penting strategis
    2. sebagai alat untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan priadinya ke arah tujuan pendidikan.
    3. kurikulum untuk patokan dalam pembuatan prota promes dan RPP untuk langkah awal dalam pembelajaran
    4. menyelesaikan administrasi pembelajaran

    BalasHapus
  3. 1 menurut pendapat saya peran kurikulum dalam satuan pendidikan sangat penting karena sumber pendidikan untuk guru dalam satuan pendidikan ada pada kurikulum
    2.peran kurikulum dalam pembelajaran adalah memberikan hal-hal yang menyangkut dangan kegiatan belajar mengajar dan informasi penting mengenai pendidikan
    3.dari kurikulum kita dapat mencapai semua informasi yang berkaitan dengan pendidikan
    4.dengan adanya saling memberikan motifasi satu sama lain maka akan memberikan indormasi bagi pendidikan

    BalasHapus
  4. 1. Kurikulum merupakan salah satuh komponen yang ada dalam sistem pendidikan. Dimana kurikulum akan memberikan arah dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan proses pendidikan, khususnya di lembaga-lembaga pendidikan formal. Tanpa adanya kurikulum proses pendidikan tidak akan berjalan terarah dengan baik. Bahkan jika ditinjau dari pandangan ekstrim bisa kita katakan, jika tidak ada kurikulum maka di sekolah tidak akan ada proses pendidikan
    2. yang menentukan aktivitas proses pendidikan berupa kegiatan pembelajaran semuanya ditentukan dalam kurikulum, tentu dengan sejumlah adaftasi dan variasi
    3.Kurikulum adalah seperangkat isi, bahan ajar, tujuan yang akan ditempuh sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
    4. Terdapat tiga hal penting yang harus ada dalam proses evaluasi kurikulum ; pertama, judgment atau menetapkan sebuah nilai (value). Kedua, adanya sebuah kriteria tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan. Ketiga, adanya deskripsi program sebagai objek penilaian

    BalasHapus
  5. HARYANI
    1. peran kurikulum dalam satuan pendidikan adalah sebagai pedoman atau dasar penyelenggaraan satuan pendidikan
    2. menurut saya kurikulum adalah peta untuk mencapai tujuan dan kentutusan pembelajaran
    3.dengan melakukan proses pembelajaran yang sudah terencana yang tertuang dalam kurikulum
    4. dengan berjalannya program atau daministrasi yang di buat untuk mencapai tujuan tersebut
    3..

    BalasHapus
  6. menurut pendapat saya peran kurikulum dalam satuan pendidikan sangat penting karena sumber pendidikan untuk guru dalam satuan pendidikan ada pada kurikulum
    2.peran kurikulum dalam pembelajaran adalah memberikan hal-hal yang menyangkut dangan kegiatan belajar mengajar dan informasi penting mengenai pendidikan
    3.dari kurikulum kita dapat mencapai semua informasi yang berkaitan dengan pendidikan
    4.dengan adanya saling memberikan motifasi satu sama lain maka akan memberikan indormasi bagi pendidikan

    BalasHapus
  7. 1. Sebagai acuan atau landasan proses pembelajaran.
    2. Sebagai pedoman proses pembelajaran yang terstruktur dan berurutan.
    3. Berjalan sesuai dengan kondisi dan kemapuan peseta didik.
    4. Evaluasi dan hasil ulangan

    BalasHapus
  8. menurut pendapat saya peran kurikulum dalam satuan pendidikan sangat penting karena sumber pendidikan untuk guru dalam satuan pendidikan ada pada kurikulum
    2.peran kurikulum dalam pembelajaran adalah memberikan hal-hal yang menyangkut dangan kegiatan belajar mengajar dan informasi penting mengenai pendidikan
    3.dari kurikulum kita dapat mencapai semua informasi yang berkaitan dengan pendidikan
    4.dengan adanya saling memberikan motifasi satu sama lain maka akan memberikan indormasi bagi pendidikan
    (Nuni Nurdevitasari)

    BalasHapus
  9. Sebagai acuan atau landasan proses pembelajaran.
    2. Sebagai pedoman proses pembelajaran yang terstruktur dan berurutan.
    3. Berjalan sesuai dengan kondisi dan kemapuan peseta didik.
    4. Evaluasi dan hasil ulangan

    BalasHapus
  10. (Mokhammad Yogi Ginanjar)
    1. Alat untuk mencapai tujuan Pendidikan
    2. Kurikulum merupakan segala sesuatu yang dijadikan pedoman dalam segala kegiatan Pendidikan di satuan Pendidikan
    3. Bagi saya kurikulum, asesmen, dan pembelajaran ada dalam 3 siklus yang berkesinambungan
    4. Ketercapaian tujuan diukur melalui asesmen yang mengacu pada kurikulum

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. 1. Peran kurikulum dalam satuan pendidikan akan memberikan arah dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan proses pendidikan, khususnya di dunia pendidikan formal
    2. Peran kurikulum dalam pembelajaran adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan mengantarkan siswa menjadi manusia yang bertakwa, cerdas, terampil, berilmu, berbudi luhur, dan bermoral.
    3. Kurikulum adalah acuan dalam kegiatan belajar dan mengajar
    4. Acuan kurikulum belum saya capai dengan baik dan benar, masih berusaha

    BalasHapus
  13. 1.Kurikulum menurut saya berperan sebagai tiang pendidikan, karena didalamnya mengatur kompetensi-kompetensi, indikator, tujuan pembelajaran, dan hal-hal penting lain di setiap jenjang pendidikan.
    2.Kurikulum merupakan fondasi yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Dari kurikulum, pembelajaran yang kita laksanakan akan terarah, tertib, dan tentunya sesuai dengan tujuan pembelajaran.
    3. Sangat terbantu dengan menggunakan kurikulum, karena pembelajaran yang akan kita lakukan sudah terinci disana secara urut mulai dari SK, KI, KD, tujuan pembelajaran, alokasi waktu, model/metode pembelajaran, dan sebagainya
    4.Menggunakan asesmen, baik dari siswa ke guru, siswa ke siswa, ataupun guru ke siswa. Bentuknya misal seperti angket, ulangan harian.

    BalasHapus

  14. Nisa Humaera.S.Pd.

    1. Menurut pendapat saya, peran dari kurikulum di dalam satuan pendidikan adalah sebagai alat pemberi arah dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan proses pendidikan.


    2. Menurut pendapat saya, peran dari kurikulum di dalam pembelajaran adalah sebagai sentral dalam seluruh proses pendidikan.


    3. Saya menggunakan kurikulum sebagai planning dari semua rangkaian kegiatan pendidikan

    4. Saya mengukur ketercapaian tujuan yang ada di dalam kurikulum dengan assesment guna mengukur sejauh mana kebutuhan para murid yang nantinya akan di evaluasi.

    BalasHapus
  15. 1. menurut saya kurikulum dalam satuan pendidikan adalah sebagai pedoman atau dasar penyelenggaraan satuan pendidikan di sekolah
    2.kurikulum adalah peta atau pedoman mencapai tujuan dan kentutusan pembelajaran
    3.selain melakukan proses pembelajaran yang sudah terencana yang tertuang dalam kurikulum
    4.serta berjalannya program yang di buat untuk mencapai tujuan tersebut
    ( Yayan Suryana )

    BalasHapus
  16. 1. Kurikulum merupakan salah satuh komponen penting dalam sistem pendidikan untuk memberikan arah dan
    menjadi pedoman dalam pelaksanaan proses pendidikan, khususnya di lembaga-lembaga pendidikan
    formal.

    2. Kurikululm dalam pembelajaran berperan untuk menentukan aktivitas proses pembelajaran.

    3. Kurikulum merupakan rambu-rambu dan pedoman utama dalam menjalankan proses pembelejaran

    4. - Menetapkan Tujuan
    - Menetapkan Cara/proses yang harus ditempuh untuk mencapai Tujuan tersebut
    - Mengadakan Evaluasi

    BalasHapus
  17. 1. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang ada dalam sistem pendidikan. kurikulum merupakan pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Tanpa adanya kurikulum proses pendidikan tidak akan berjalan terarah dengan baik.
    2. Kurikulum merupakan segala sesuatu yang dijadikan pedoman dalam segala kegiatan Pendidikan di satuan pendidikan, tentu dengan sejumlah adaftasi dan variasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
    3.Kurikulum adalah seperangkat isi, bahan ajar, tujuan yang akan ditempuh sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan, yang bisa dijabarkan dalam KI KD IPK dan Tujuan pembelajaran.
    4. Dengan cara memberikan assesmen evaluasi untuk mengukur ketercapaian dari kurikulum yang diterapkan

    BalasHapus
  18. Yandi Sopwan.
    1. Peran kurikulum sebagai alat untuk membantu peserta didik dalam
    mengembangkan pribadinya ke arah tujuan pendidikan.
    2. Peran kurikulum di dalam pembelajaran merupakan sebagai sarana untuk
    mengukur kemampuan diri dalam pendidikan.
    3. Kurikulum merupakan sesuatu yang di jadikan pedoman dalam segala kegiatan
    pendidikan yang di lakukan termasuk kegiatan belajar mengajar di kelas
    4. Seluruh administrasi yang di buat kurikulum intinya untuk mencapai tujuan
    pembelajara yang benar.

    BalasHapus
  19. 1. Kurikulum merupakan salah satu komponen yang ada dalam sistem pendidikan dimana kurikulum akan memberikan pedoman dan arahan dalam pelaksanaan proses pendidikan
    2. Kurikulum adalah peta untuk mencapai tujuan dan ketuntasan pembelajaran terstruktur
    3. Kurikulum merupakan rambu rambu dan pedoman dalam menjalankan proses pembelajaran terstuktur
    4. Memberikan Asesmen evaluasi untuk mengukur ketercapaian dalam proses pembelajaran
    (David Suhadian)

    BalasHapus
  20. 1. Kurikulum merupakan penggerak daripada satuan pendidikan dimana mereka menerima dan memberi bahan ajaran di satuan pendidikan
    2. Kurikulum merupakan segalanya di jadikan pedoman dalam satuan pendidikan sehingga apa yang mereka inginkan bisa tercapai
    3. Kurikulum adalah seperangkat isi, bahan ajar tujuan yang di tempuh sebagai penyelenggara kegiatan pembelajaran yang yang di aplikasikan di KI KD DAN IPK dan tujuan pembelajaran
    4. Program yang di buat oleh kurikulum supaya mencapai tujuan apa yang di inginkan

    BalasHapus
  21. Ahyan Budhi Permana
    1. Sebagai acuan atau landasan proses pembelajaran.
    2. Sebagai pedoman proses pembelajaran yang terstruktur dan berurutan.
    3. Berjalan sesuai dengan kondisi dan kemapuan peseta didik.

    BalasHapus
  22. Ahyan Budhi Permana12 Juli 2021 pukul 15.25

    1. Sebagai acuan atau landasan proses pembelajaran.
    2. Sebagai pedoman proses pembelajaran yang terstruktur dan berurutan.
    3. Berjalan sesuai dengan kondisi dan kemapuan peseta didik.

    BalasHapus
  23. YUDI HERIYUDIN
    1. Sebagai alat untuk mencapai tujuan Pendidikan dann landasan dari proses pembelajaran
    2. Sebagai pedoman dalam segala kegiatan Pendidikan di satuan Pendidikan sehingga kerangkanya tersetuktur sesuai dengan KD dan KI nya
    3. Kurikulummerupakan rangkaian belajaran yang berkesinambungan dan harusc disesuai kan dengan keberadaan pasilitascsekolah serta kondisi peserta didik
    4. Ketercapaian tujuan diukur melalui asesmen yang mengacu pada kurikulum, yaitu melaui evaluasi nilai peserta didik baik teori maupun praktek peserta didik dengan penilaian UKKDI PAT, PAS dan evaluasi lain yang menunjang .

    Balas

    BalasHapus
  24. Martono

    1. Kurikulum Merupakan pedoman dan standar dalam proses pelaksanaan pendidikan khususnya untuk pendudikan formal

    2. Kurikulum auatu pedoman dalam proses pwndidikan formal karena untuk mencapai tujuan dalam ketuntasan pembelajaran.

    3. Kurikulum sebagai tolak ukur dan imformasi dalam proses pembelajaran

    4. Dengan melakukan Asesmen berupa Evaluasi dan penilaian .

    BalasHapus
  25. 1. Menurut pendapat saya, Kurikulum memiliki peranan yang sangat strategis dalam tujuan pendidikan. Terdapat tiga peranan kurikulum yang dinilai sangat penting, yaitu peranan peringatan, peranan kritis atau evaluatif, dan peran kreatif. Ketiga peranan kurikulum tersebut harus seimbang dan harmonis untuk mencapai tujuan pendidikan secara optimal. Pelaksanaan ketiga kurikulum menjadi tanggung jawab semua pihak yang terkait dalam proses pendidikan.
    2. Kurikulum didalam pembelajaran sebagai pedoman guru untuk proses belajar mengajar supaya tidak menyimpang dari tujuan pembelajaran.
    3. Kurikulum didalam pembelajaran, harus selalu dikembangkan yang lebih luas oleh tenaga pendidik yang lebih professional sesuai dengan bidangnya.
    4. Tujuan tersebut akan terukur dengan baik dibuktikan oleh indikator yang tercantum dalam RPP dan dibuktikan dengan hasil evaluasi terhadap siswa.

    BalasHapus