Bapak dan Ibu telah mengenal Profil Pelajar Pancasila.
Selanjutnya, Bapak dan Ibu akan membuat peta jalan mengenai peran Anda untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan berdiskusi.
Untuk memudahkan Bapak dan Ibu dalam berdiskusi, silahkan cermati pertanyaan berikut.
Bagaimana saya sebagai anggota kelompok guru di sekolah berperan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila menggunakan kurikulum SMK Pusat Keunggulan?
- Lakukan diskusi dengan kelompok kemudian buatlah peta jalan sesuai dengan profesi Bapak dan Ibu untuk menjawab pertanyaan di atas.
- Bapak dan Ibu membuat peta jalan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di satuan pendidikan mulai dari sekarang sampai 1 tahun ke depan.
- Bapak dan Ibu bisa melihat penjelasan mengenai peta jalan yang dimaksud dalam lampiran
Bapak dan Ibu bisa membuat dalam bentuk file atau menuliskan di kertas kemudian perwakilan dari anggota kelompok mengunggah hasil pekerjaan kelompok di Unggah hasil Ruang Kolaborasi - Kerangka Kurikulum
Saya sudah mengerjakan peta jalan =dalam mewujudkan profil penlajar oancasila
BalasHapuskirimkan bisa pak
HapusMokhammad Yogi Ginanjar
BalasHapusPada peta jalan tsb langkah awal yg hrs dilakukan:
1. Mencari profil guru pancasila itu seperti apa
2. Melakukan diagnostik awal potensi peserta didik
3. Membuat perencanasan sosialisasi
4. Melakukan sosialisasi
Peta Jalan terdiri dari :
BalasHapus1. Perencanaan (Materi, Waktu, Cara dan Metode)
2. Pelaskanaan
3. Evaluasi
Yandi Sopwan :
BalasHapusLangkah-langkah penerapan kurikulum sesuai dengan tahapan-tahapannya meliputi :
- perencanaan
-pelaksanaan
-monitoring
-penilaian
Mewujudkan profile pelajar PANCASILA DI SMK ;
BalasHapus1. Harus ada pengajar yang mengerti atau berwawasan luas tentang keewarganegaraan dan paaham akan arti Pancasila yang siap di masukan kedalam kurikulum KEMERDEKAAN
2. Harus ada pemahaman pancasaila untuk semua pihak yang terkait sehinggga sinkron dengan dengan materi ajar serta dapat mengaflikasikannnya.
3. Adanya sosialisasi kerangka kurikulumm kemerdekaan yang didasari dengan butir dan isi butir pancasila
4. Siswa harus dapat memahami tentang arti PANCASILA dan dapat menerapkannya selama proses pembelajaran
5. Adanya eksen langsung dalam mempraktekan pemahaman pancasila pada semua pelajaran.
Tugas Road map sudah kami kumpulkan kelompok 3
BalasHapus