2.13 Refleksi Terbimbing - Materi Ajar

 

Pada sesi sebelumnya, Bapak-Ibu telah mengalami membuat Modul Ajar berdasarkan prinsip dan prosedur yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dari pengalaman tersebut, mari kita melakukan refleksi dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut di kolom komentar:

  1. Apa yang Bapak-Ibu pelajari dari pengalaman membuat Modul Ajar?
  2. Apa tantangan yang Anda rasakan dalam membuat Modul Ajar?

17 komentar:

  1. Mokhammad Yogi Ginanjar
    1. Yang dipelajari dalam membuat modul: Secara prinsip guru dalam satuan pendidikan diberi kebebasan utk mengembangkan modul ajar sesuai konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik
    2. Tantangan: memgembangkan sendiri materi/bahan ajar sesuai dengan kondisi sosial, budaya, kemampuan peserta didik serta ekonomi masyarakat sekitar pada modul ajar.

    BalasHapus
  2. 1. yang dapat di pelajari dapan mengembangkan modul ajar dengan kebutuhan karakteristik peserta didik
    2. tanatangan yaitu menentukan bahan ajar yang mudah di pahami dan metode pembelajaran yang mudah tersampaikan terhadap peserta didik

    winnico septiandi

    BalasHapus
  3. HARYANI
    1. Menyusun modul ajar sesuai kriteria dan prosedurnya
    2. Tantangan yaitu membuat modul ajar yang menarik tetapi tetapa meemperhatikan kondisi sosial dan kemampuan siswa

    BalasHapus
  4. 1. yang dipelajari adalah, guru diberi kebebsan untuk mengembangkan modul ajar sesuai kompetensi yang dibutuhkan peserta didik
    2. tantangan nya kita harus menyusun modul ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa kita

    BalasHapus
  5. Yayan Suryana
    1. Pembuatan dan Menyusun modul ajar sesuai kriteria dan prosedurnya
    2. Tantangan yaitu membuat modul ajar yang menarik tetapi tetapa meemperhatikan kondisi sosial dan kemampuan peserta didik

    BalasHapus
  6. David Suhadian
    1.Dalam satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan modul ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik.
    2. Tantangan: memgembangkan sendiri materi/bahan ajar sesuai dengan kondisi sosial, budaya, kemampuan peserta didik serta ekonomi masyarakat sekitar pada modul ajar.

    BalasHapus
  7. 1.Dalam pembuatan modul diberi kebebasan sesuai kriteria dan prosedurnya
    2.Tantangan dalam pembuatan modul karena pembuatan modul langkah langkahnya harus sesuai dengan prosedur yang ada.

    BalasHapus
  8. YUDI HERIYUDIN :
    1. Yang di pelajari dari pengalaman membuat Modul Ajar :
    - Dapat memahami cara pembuatan modul dengan terlebih dahulu dengan terlebih dahulu memahami sarana media dan petujnjuk sesuai dengan kebutuhan peserta didik
    - Dapat menyajikan modul secara sistematis dan menarik untuk media ajar siswa
    2. Tantangan yang di rasakan dalam membuat Modul Ajar :
    - Dapat mengembangkan potensi yang dimiliki kedalam materi ajar yang dapat diserap oleh siswa
    - Dapat mengembangkan pencapaian pelajaran sesuai dengan potensi yang dimiliki dan di sinkronkan dengan minat industri melaui kurikulum kemerdekaan yang berdasar pada profil pelajar pancasila

    BalasHapus
  9. Rudi Supriadi
    1. Yang sudah saya pelajari dalam membuat modul: Secara prinsip Guru dalam satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan modul ajar sesuai konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik
    2. Tantangan yaitu: mengembangkan sendiri bahan ajar sesuai dengan kondisi sosial, budaya, kemampuan peserta didik serta lingkungan masyarakat sekitar pada modul bahan .

    BalasHapus
  10. 1. Pembuatan modul diberi kebebasan sesuai dengan kriteria prosedurnya
    2. Tantangannya harus menyesuaikan dengan karakter dan kemampuan peserta didik

    BalasHapus
  11. Yandi Sopwan :
    1. Di dalamnya proses belajar yang berpusat pada peserta didik,karakter peserta didik sesuai dengan profil pancasila
    2. Tantanganya, yang sesuai dan dapat di terima

    BalasHapus
  12. Nuni Nurdevitasari
    1.yang dipelajari adalah, guru mendapatkan suatu kebebsan untuk mengembangkan modul ajar sesuai kompetensi yang dibutuhkan peserta didik
    2.tantangan nya kita harus bisa mneyusun modul sesuai kompetensi agar peserta didik mudah memahami

    BalasHapus
  13. 1. dapat memahami lebih dalam mengenai penentuan model pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kondisi siswa dan lingkungan, menentuka asesmen yang tepat, mendapat gambaran pembelajaran yang lebih tersusun.

    2. menyesuaikan model pembelajaran, menyesuaikan alokasi waktu, menentukan asesmen yang tepat dan efektif, membuat lembar kerja siswa yang kreatif

    BalasHapus
  14. 1. Membuat dan menyusun modul ajar yang sesuai dengan karakteristik dan kemampuan dari peserta didik
    2. Modul ajar harus dibuat sesuai dengan assesment diagnostik baik non kognitif maupun yang kognitif.

    BalasHapus
  15. NISSA HUMAERA,S.Pd.

    1. Apa yang Bapak-Ibu pelajari dari pengalaman membuat Modul Ajar?
    - Guru dalam satuan pendidikan diberi kebebasan utk mengembangkan modul ajar sesuai
    konteks lingkungan dan kebutuhan belajar peserta didik

    2. Apa tantangan yang Anda rasakan dalam membuat Modul Ajar?
    - Tantangannya guru harus mampu memgembangkan sendiri materi/bahan ajar sesuai dengan
    kondisi sosial, budaya, kemampuan peserta didik serta ekonomi masyarakat sekitar pada
    modul ajar.

    BalasHapus
  16. Pengalaman dalam pembuatan modul yaitu
    1. Guru dalam membuat dan menyusun mo
    Dul agar yang diberikan kebebasan se
    Suai dengan karekteristik dan ke
    Mampuan dari pederta didik.

    2. Guru diharapkap mampu mengembangkan
    Materi diseduaikan dengan Asesmen di
    Agnostik baik kognetif maupun Non
    Kognetif..

    BalasHapus
  17. 1. yang dipelajari adalah, guru diberi kebebsan untuk mengembangkan modul ajar sesuai
    kompetensi yang dibutuhkan peserta didik
    2.tentangannya adalah menyusun harus sesuai dengan karakteristik peseerta didik

    BalasHapus