2.17 Refleksi Terbimbing - Asesmen Formatif dan Sumatif

 

Selamat! Bapak/Ibu telah menyelesaikan tantangan merancang Asesmen Formatif dan Sumatif

Setelah melakukan kegiatan di sesi sebelumnya, sekarang mari kita refleksikan proses dan hasil pekerjaan Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini di kolom kemntar jangan lupa sertakan nama :

  1. Sebutkan 3 dampak yang mungkin terjadi ketika menerapkan asesmen formatif yang berpusat pada siswa menurut Bapak/Ibu!
  2. Sebutkan 2 hal baru mengenai asesmen formatif dan sumatif yang Bapak/Ibu dapatkan sejauh ini!
  3. Sebutkan 1 tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat menyusun asesmen formatif dan asesmen sumatif pada sesi sebelumnya!

17 komentar:

  1. Mokhammad Yogi Ginanjar
    1. Dampaknya:
    a. Siswa mendapatkan umpan balik dari guru utk memperbaiki capaian belajarnya
    b. Sebagai guru saya dapat mengetahui perkembangan penguasaan siswa thdp unit/kompetensi yg sdg dipelajarj dan memuat tindak lanjut pembelajaran
    2. Asesmen sumatif bertujuan menentukan tingkat pencapaian hasil belajar siswa yg dilakukan di akhir materi pembelajaran . Sedangkan asesmen formatif guru mengumpulkan informasi yg membantu guru memberi umpan balik dan tindak lanjut proses belajar
    3. Tantangan : Kemampuan siswa berbeda sehingga dalam penyusunan asesmen perlu analisjs kondisi siswa secara tepat agar asesmen yg dilakukan dapat mengukur pencapaian belajar secara maksimal dengan capaian pembelajaran

    BalasHapus



















  2. 1. sebagai guru Memberi informasi perkembangan murid untuk memodifikasi pengajaran dan pembelajaran dimasa depan.

    b. sebagai murid mampu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka sehingga dapat
    mengatur dan merasa berperan dalam proses pembelajaran mereka.
    c.Memberikan umpan balik kepada sesama teman juga memberikan kesempatan bagi murid untuk
    belajar dari satu sama lain.
    2.macam -macam assesmen
    proporsi fungsi assessement as learning , for learning dan of learning
    3.tantangan
    membuat assemen yanag efektif sesuai dengan kemampuan siswa dan kesulitan materi



    BalasHapus
  3. HARYANI
    sebagai guru Memberi informasi perkembangan murid untuk memodifikasi pengajaran dan pembelajaran dimasa depan.

    b. sebagai murid mampu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka sehingga dapat
    mengatur dan merasa berperan dalam proses pembelajaran mereka.
    c.Memberikan umpan balik kepada sesama teman juga memberikan kesempatan bagi murid untuk
    belajar dari satu sama lain.
    2.macam -macam assesmen
    proporsi fungsi assessement as learning , for learning dan of learning
    3.tantangan
    membuat assemen yanag efektif sesuai dengan kemampuan siswa dan kesulitan materi

    BalasHapus
  4. 1.Dampak jika asesmen berpusat pada murid hasilnya kurang baik walaupun kita mengetahui kelebihan dan kekurangan siswa.
    Dampak ke 2 kita bisa mengetahui pesrta didik yang harus harus mendapat bimbingan khusus
    Dampak ke 3 peserta didik bisa membandingkan kemampuan dirinya dengan yang lain.
    2.Dapat mengetahui perbedaan asesmen formatif dan Sumatif
    Dapat mengetahui fungsi masing masing asesmen
    3.Tantangan yang saya hadapi dalam membuat asesmen adalah menentukan soal yang sesuai dengan materi ajar.

    BalasHapus
  5. David Suhadian
    1.sebagai murid mampu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka sehingga dapat
    mengatur dan merasa berperan dalam proses pembelajaran mereka.
    2..Memberikan umpan balik kepada sesama teman juga memberikan kesempatan bagi murid untuk
    belajar dari satu sama lain.
    3.Sebagai guru saya dapat mengetahui perkembangan penguasaan siswa thdp unit/kompetensi yg sdg dipelajarj dan memuat tindak lanjut pembelajaran.
    2.Asesmen sumatif bertujuan menentukan tingkat pencapaian hasil belajar siswa yg dilakukan di akhir materi pembelajaran . Sedangkan asesmen formatif guru mengumpulkan informasi yg membantu guru memberi umpan balik dan tindak lanjut proses belajar.
    3.Kemampuan siswa berbeda sehingga dalam penyusunan asesmen perlu analisjs kondisi siswa secara tepat agar asesmen yg dilakukan dapat mengukur pencapaian belajar secara maksimal dengan capaian pembelajaran itulah satu tantanganya.

    BalasHapus
  6. winnico
    1. a. sebagai guru memberikan pembalajaran yang mudah di kembangkan oleh peserta didik
    b. sebagai peserta didik mereka harus lebih memahami kelebihan dan kekurangan mereka supaya bisa menjadi acuan untuk kemampuan mereka
    c. atau pun peserta didik bisa melihat kemepuan temannya untuk menjadikan acuan penyemangan belajar
    2. asesmen sumantif adalah menentukan tingkan pencapaian belajar dan asesmen formatif guru mengumpulkan informasi untuk menjadikan umpan balik dan tindak lanjur dalam proses belajar.
    3. asesmen formatif kesulitannya mengumpulkan informasi untuk menjadikan umpan balik asesmen sumatif ketik seriusan siswa dalam melakukan pembelajaran atau contoh dalam ujian harian

    winnico septiandi

    BalasHapus
  7. Rudi Supriadi
    1. Akibatnya:
    a. Siswa mendapatkan pembelajaran/pertanyaan dari guru untuk memperbaiki pencapaian dalam pembelajaran.
    b. Sebagai seorang Guru mengethui perkembangan siswa terhadap pembelajaran yang sedang dipelajarj dan memperbaki tindak lanjut dalam pembelajaran
    2. Asesmen sumatif bertujuan menentukan tingkat pencapaian hasil akhir belajar siswa yang dilakukan di akhir materi pembelajaran . Sedangkan asesmen formatif guru mengumpulkan informasi yg membantu guru memberi umpan balik dan tindak lanjut proses belajar mengajar
    3. Tantangannya : Kemampuan siswa berbeda-beda sehingga dalam penyusunan asesmen perlu dianalisis kondisi siswa secara tepat agar asesmen yg dilakukan dapat mengukur pencapaian belajar secara maksimal dan tepat dengan pencapaian pembelajaran

    BalasHapus
  8. 1. Dampak:
    a. Siswa mendapatkan umpan balik dari guru utk memperbaiki capaian belajarnya
    b. Guru dapat mengetahui perkembangan penguasaan siswa atas kompetensi yang sedang
    dipelajarj serta
    c. Menetukan tindak lanjut pembelajaran

    2. Asesmen sumatif bertujuan menentukan tingkat pencapaian hasil belajar siswa yg dilakukan di
    akhir materi pembelajaran . Sedangkan asesmen formatif guru mengumpulkan informasi yg
    membantu guru memberi umpan balik dan tindak lanjut proses belajar

    3. Tantangan :
    bervariasinya tingkat kemampuan peserta didik, sehingga dalam penyusunan asesmen perlu
    analisjs kondisi siswa secara tepat agar asesmen yg dilakukan dapat mengukur pencapaian
    belajar secara maksimal dengan capaian pembelajaran

    BalasHapus
  9. Yandi Sopwan :
    1. a. Penilian sesuai dengan kemampuan siswa
    b. Penilaian secara objektif
    c. adanya umpan balik
    2. 2 hal yang di dapat yaitu tentang penilai formatif yang di lakukan selama
    proses belajar berlangsung sedangkan penilaian sumatif di lakukan di akhir
    3. Membuat suatu asesmen yang sesuai dengan kemampuan siswa, karena kemampuan
    siswa berbeda-beda

    BalasHapus
  10. Nuni Nurdevitasari
    A.1.dampak yang terjadi yaitu :pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran meningkat
    2.peserta didik mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam setiap pembelajaran
    3.peserta didik diberi kesempatan untuk memperbaiki kekurangannya
    B.Dua hal baru yang saya dapatkan dari asesmenformatif dan asesmen sumatif yaitu :
    1.penerapan pembelajaran bermakna dan mneyenangkan
    2.mengetahui posisi awal dan posisi akhir peserta didik
    C.tantangan
    1.kemampuan awal siswa berbeda sehingga dalam penyusunan asesmen perlu analisis kondisi
    siswa secara tepat agar asesmen yang dilakukan dapat mengukur pencapaian belajar peserta
    didik secara maksimal

    BalasHapus
  11. 1. guru dapat mengetahui perkembangan pemahaman siswa terkait materi yang telah diajarkan, guru dapat lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran agar siswa seluruhnya paham, siswa dapat mengenal potensinya dan sadar apa yang harus ia kejar selanjutnya.

    2.hal baru yang saya dapatkan:
    - perbedaan asesmen formatif dan sumatif sehingga dapat mengaplikasikannya dengan tepat
    - bentuk-bentuk asesmen formatif dan sumatif sebagai referensi kedepannya

    3. tantangannya harus menentukan bentuk asesmen yang tepat dan efektif agar asesmen dapat menjadi umpan balik baik bagi siswa / guru

    BalasHapus
  12. 1. - Pemahaman siswa terhadap pembelajaran meningkat
    - Siswa mengetahui kekurangan dan kelebihan setiap pembelajaran
    - Siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki kekurangan yang dia temukan di pembelajaran
    2. Macam macam assesment dan manfaat untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan peserta didik
    3. Harus membuat assesment yang bisa menjadi umpan balik

    BalasHapus
  13. 1. Kemampuan peserta didik pada pembelajaran berlangsung meningkat dan juga peserta didik dapat mengetahui kemampuan / kekurangan pitensi dirinya
    2. Peserta didik dapat mengetahui pitensi dirinya
    3. Dituntut harus menentukan assesmen yang akan menjadi tolak ukur potensi peserta didik

    BalasHapus
  14. Nisa Humaera,S.Pd.

    1. Sebutkan 3 dampak yang mungkin terjadi ketika menerapkan asesmen formatif...
    - Memudahkan siswa untuk mengembangkan potensi pengetahuannya.
    - Mengetahui proses perkembangan pembelajaran peserta didik
    - Mengetahui perubahan dari masing masing peserta didik

    2. Sebutkan 2 hal baru mengenai asesmen formatif dan sumatif yang Bapak/Ibu dapatkan sejauh ini!
    - Tipe tipe assesment dan keuntungannya
    - Sekilas gambaran cara pembuatan assesment

    3. Sebutkan 1 tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat menyusun asesmen formatif dan asesmen
    sumatif...
    - Menentukan bentuk asesmen yang tepat dan efektif

    BalasHapus
  15. 1.a.peserta didik dapat umpan balik dalam pecapaian belajarnya
    b.peserta didik dapat mengetahui kekuarangan dan segera memperbaikinya
    c.mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki kekurangan
    2.Asesmen sumatif bertujuan menentukan tingkat pencapaian hasil belajar siswa yg dilakukan di akhir materi pembelajaran . Sedangkan asesmen formatif guru mengumpulkan informasi yg membantu guru memberi umpan balik dan tindak lanjut proses belajar
    3.Membuat assesment yg bisa menajdi umpan balaik terhadap peserrta didik

    BalasHapus
  16. YUDI HERIYUDIN
    1. 3 dampak yang mungkin terjadi ketika menerapkan asesmen formatif yang berpusat pada siswa : Siswa dapat cepat memahami materi ajar serta akan terjadi umpan balik pembelajaran dan menjadikan siswa menjadi kritis dalam pemahan materi ajar.
    2. 2 hal baru mengenai asesmen formatif dan sumatif :
    - Siswa menjadi kritis dalam pemahaman materi ajar dan akan tau kelemahan yang dimilikinya
    - Siswa dapat memahami materi ajar secara cepat dan kenasasaran dan akan menjadikan pribadi siswa kearah yang positif dan sebagai profil pelajar pancasila
    3. 1 tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat menyusun asesmen formatif dan asesmen sumatif pada sesi sebelumnya:
    Lemahnya siswa dapat memahami ajar dan mengetahui kelemahannya dan dapat memperbaikinya secepat mungkin sampai siswa tersebut lulus dan kompeten dalam bidangnya dengan memberikan suport yang baik .

    BalasHapus
  17. .Dampak jika asesmen berpusat pada murid hasilnya kurang baik walaupun kita mengetahui kelebihan dan kekurangan siswa.
    Dampak ke 2 kita bisa mengetahui pesrta didik yang harus harus mendapat bimbingan khusus
    Dampak ke 3 peserta didik bisa membandingkan kemampuan dirinya dengan yang lain.
    2.Dapat mengetahui perbedaan asesmen formatif dan Sumatif
    Dapat mengetahui fungsi masing masing asesmen
    3.Tantangan yang saya hadapi dalam membuat asesmen adalah menentukan soal yang sesuai dengan materi ajar.

    BalasHapus