Selamat! Bapak/Ibu telah menyelesaikan tantangan merancang Asesmen Formatif dan Sumatif
Setelah melakukan kegiatan di sesi sebelumnya, sekarang mari kita refleksikan proses dan hasil pekerjaan Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini di kolom kemntar jangan lupa sertakan nama :
- Sebutkan 3 dampak yang mungkin terjadi ketika menerapkan asesmen formatif yang berpusat pada siswa menurut Bapak/Ibu!
- Sebutkan 2 hal baru mengenai asesmen formatif dan sumatif yang Bapak/Ibu dapatkan sejauh ini!
- Sebutkan 1 tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat menyusun asesmen formatif dan asesmen sumatif pada sesi sebelumnya!
Mokhammad Yogi Ginanjar
BalasHapus1. Dampaknya:
a. Siswa mendapatkan umpan balik dari guru utk memperbaiki capaian belajarnya
b. Sebagai guru saya dapat mengetahui perkembangan penguasaan siswa thdp unit/kompetensi yg sdg dipelajarj dan memuat tindak lanjut pembelajaran
2. Asesmen sumatif bertujuan menentukan tingkat pencapaian hasil belajar siswa yg dilakukan di akhir materi pembelajaran . Sedangkan asesmen formatif guru mengumpulkan informasi yg membantu guru memberi umpan balik dan tindak lanjut proses belajar
3. Tantangan : Kemampuan siswa berbeda sehingga dalam penyusunan asesmen perlu analisjs kondisi siswa secara tepat agar asesmen yg dilakukan dapat mengukur pencapaian belajar secara maksimal dengan capaian pembelajaran
BalasHapus1. sebagai guru Memberi informasi perkembangan murid untuk memodifikasi pengajaran dan pembelajaran dimasa depan.
b. sebagai murid mampu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka sehingga dapat
mengatur dan merasa berperan dalam proses pembelajaran mereka.
c.Memberikan umpan balik kepada sesama teman juga memberikan kesempatan bagi murid untuk
belajar dari satu sama lain.
2.macam -macam assesmen
proporsi fungsi assessement as learning , for learning dan of learning
3.tantangan
membuat assemen yanag efektif sesuai dengan kemampuan siswa dan kesulitan materi
HARYANI
BalasHapussebagai guru Memberi informasi perkembangan murid untuk memodifikasi pengajaran dan pembelajaran dimasa depan.
b. sebagai murid mampu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka sehingga dapat
mengatur dan merasa berperan dalam proses pembelajaran mereka.
c.Memberikan umpan balik kepada sesama teman juga memberikan kesempatan bagi murid untuk
belajar dari satu sama lain.
2.macam -macam assesmen
proporsi fungsi assessement as learning , for learning dan of learning
3.tantangan
membuat assemen yanag efektif sesuai dengan kemampuan siswa dan kesulitan materi
1.Dampak jika asesmen berpusat pada murid hasilnya kurang baik walaupun kita mengetahui kelebihan dan kekurangan siswa.
BalasHapusDampak ke 2 kita bisa mengetahui pesrta didik yang harus harus mendapat bimbingan khusus
Dampak ke 3 peserta didik bisa membandingkan kemampuan dirinya dengan yang lain.
2.Dapat mengetahui perbedaan asesmen formatif dan Sumatif
Dapat mengetahui fungsi masing masing asesmen
3.Tantangan yang saya hadapi dalam membuat asesmen adalah menentukan soal yang sesuai dengan materi ajar.
David Suhadian
BalasHapus1.sebagai murid mampu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka sehingga dapat
mengatur dan merasa berperan dalam proses pembelajaran mereka.
2..Memberikan umpan balik kepada sesama teman juga memberikan kesempatan bagi murid untuk
belajar dari satu sama lain.
3.Sebagai guru saya dapat mengetahui perkembangan penguasaan siswa thdp unit/kompetensi yg sdg dipelajarj dan memuat tindak lanjut pembelajaran.
2.Asesmen sumatif bertujuan menentukan tingkat pencapaian hasil belajar siswa yg dilakukan di akhir materi pembelajaran . Sedangkan asesmen formatif guru mengumpulkan informasi yg membantu guru memberi umpan balik dan tindak lanjut proses belajar.
3.Kemampuan siswa berbeda sehingga dalam penyusunan asesmen perlu analisjs kondisi siswa secara tepat agar asesmen yg dilakukan dapat mengukur pencapaian belajar secara maksimal dengan capaian pembelajaran itulah satu tantanganya.
winnico
BalasHapus1. a. sebagai guru memberikan pembalajaran yang mudah di kembangkan oleh peserta didik
b. sebagai peserta didik mereka harus lebih memahami kelebihan dan kekurangan mereka supaya bisa menjadi acuan untuk kemampuan mereka
c. atau pun peserta didik bisa melihat kemepuan temannya untuk menjadikan acuan penyemangan belajar
2. asesmen sumantif adalah menentukan tingkan pencapaian belajar dan asesmen formatif guru mengumpulkan informasi untuk menjadikan umpan balik dan tindak lanjur dalam proses belajar.
3. asesmen formatif kesulitannya mengumpulkan informasi untuk menjadikan umpan balik asesmen sumatif ketik seriusan siswa dalam melakukan pembelajaran atau contoh dalam ujian harian
winnico septiandi
Rudi Supriadi
BalasHapus1. Akibatnya:
a. Siswa mendapatkan pembelajaran/pertanyaan dari guru untuk memperbaiki pencapaian dalam pembelajaran.
b. Sebagai seorang Guru mengethui perkembangan siswa terhadap pembelajaran yang sedang dipelajarj dan memperbaki tindak lanjut dalam pembelajaran
2. Asesmen sumatif bertujuan menentukan tingkat pencapaian hasil akhir belajar siswa yang dilakukan di akhir materi pembelajaran . Sedangkan asesmen formatif guru mengumpulkan informasi yg membantu guru memberi umpan balik dan tindak lanjut proses belajar mengajar
3. Tantangannya : Kemampuan siswa berbeda-beda sehingga dalam penyusunan asesmen perlu dianalisis kondisi siswa secara tepat agar asesmen yg dilakukan dapat mengukur pencapaian belajar secara maksimal dan tepat dengan pencapaian pembelajaran
1. Dampak:
BalasHapusa. Siswa mendapatkan umpan balik dari guru utk memperbaiki capaian belajarnya
b. Guru dapat mengetahui perkembangan penguasaan siswa atas kompetensi yang sedang
dipelajarj serta
c. Menetukan tindak lanjut pembelajaran
2. Asesmen sumatif bertujuan menentukan tingkat pencapaian hasil belajar siswa yg dilakukan di
akhir materi pembelajaran . Sedangkan asesmen formatif guru mengumpulkan informasi yg
membantu guru memberi umpan balik dan tindak lanjut proses belajar
3. Tantangan :
bervariasinya tingkat kemampuan peserta didik, sehingga dalam penyusunan asesmen perlu
analisjs kondisi siswa secara tepat agar asesmen yg dilakukan dapat mengukur pencapaian
belajar secara maksimal dengan capaian pembelajaran
Yandi Sopwan :
BalasHapus1. a. Penilian sesuai dengan kemampuan siswa
b. Penilaian secara objektif
c. adanya umpan balik
2. 2 hal yang di dapat yaitu tentang penilai formatif yang di lakukan selama
proses belajar berlangsung sedangkan penilaian sumatif di lakukan di akhir
3. Membuat suatu asesmen yang sesuai dengan kemampuan siswa, karena kemampuan
siswa berbeda-beda
Nuni Nurdevitasari
BalasHapusA.1.dampak yang terjadi yaitu :pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran meningkat
2.peserta didik mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam setiap pembelajaran
3.peserta didik diberi kesempatan untuk memperbaiki kekurangannya
B.Dua hal baru yang saya dapatkan dari asesmenformatif dan asesmen sumatif yaitu :
1.penerapan pembelajaran bermakna dan mneyenangkan
2.mengetahui posisi awal dan posisi akhir peserta didik
C.tantangan
1.kemampuan awal siswa berbeda sehingga dalam penyusunan asesmen perlu analisis kondisi
siswa secara tepat agar asesmen yang dilakukan dapat mengukur pencapaian belajar peserta
didik secara maksimal
1. guru dapat mengetahui perkembangan pemahaman siswa terkait materi yang telah diajarkan, guru dapat lebih kreatif dalam melaksanakan pembelajaran agar siswa seluruhnya paham, siswa dapat mengenal potensinya dan sadar apa yang harus ia kejar selanjutnya.
BalasHapus2.hal baru yang saya dapatkan:
- perbedaan asesmen formatif dan sumatif sehingga dapat mengaplikasikannya dengan tepat
- bentuk-bentuk asesmen formatif dan sumatif sebagai referensi kedepannya
3. tantangannya harus menentukan bentuk asesmen yang tepat dan efektif agar asesmen dapat menjadi umpan balik baik bagi siswa / guru
1. - Pemahaman siswa terhadap pembelajaran meningkat
BalasHapus- Siswa mengetahui kekurangan dan kelebihan setiap pembelajaran
- Siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki kekurangan yang dia temukan di pembelajaran
2. Macam macam assesment dan manfaat untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan peserta didik
3. Harus membuat assesment yang bisa menjadi umpan balik
1. Kemampuan peserta didik pada pembelajaran berlangsung meningkat dan juga peserta didik dapat mengetahui kemampuan / kekurangan pitensi dirinya
BalasHapus2. Peserta didik dapat mengetahui pitensi dirinya
3. Dituntut harus menentukan assesmen yang akan menjadi tolak ukur potensi peserta didik
Nisa Humaera,S.Pd.
BalasHapus1. Sebutkan 3 dampak yang mungkin terjadi ketika menerapkan asesmen formatif...
- Memudahkan siswa untuk mengembangkan potensi pengetahuannya.
- Mengetahui proses perkembangan pembelajaran peserta didik
- Mengetahui perubahan dari masing masing peserta didik
2. Sebutkan 2 hal baru mengenai asesmen formatif dan sumatif yang Bapak/Ibu dapatkan sejauh ini!
- Tipe tipe assesment dan keuntungannya
- Sekilas gambaran cara pembuatan assesment
3. Sebutkan 1 tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat menyusun asesmen formatif dan asesmen
sumatif...
- Menentukan bentuk asesmen yang tepat dan efektif
1.a.peserta didik dapat umpan balik dalam pecapaian belajarnya
BalasHapusb.peserta didik dapat mengetahui kekuarangan dan segera memperbaikinya
c.mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki kekurangan
2.Asesmen sumatif bertujuan menentukan tingkat pencapaian hasil belajar siswa yg dilakukan di akhir materi pembelajaran . Sedangkan asesmen formatif guru mengumpulkan informasi yg membantu guru memberi umpan balik dan tindak lanjut proses belajar
3.Membuat assesment yg bisa menajdi umpan balaik terhadap peserrta didik
YUDI HERIYUDIN
BalasHapus1. 3 dampak yang mungkin terjadi ketika menerapkan asesmen formatif yang berpusat pada siswa : Siswa dapat cepat memahami materi ajar serta akan terjadi umpan balik pembelajaran dan menjadikan siswa menjadi kritis dalam pemahan materi ajar.
2. 2 hal baru mengenai asesmen formatif dan sumatif :
- Siswa menjadi kritis dalam pemahaman materi ajar dan akan tau kelemahan yang dimilikinya
- Siswa dapat memahami materi ajar secara cepat dan kenasasaran dan akan menjadikan pribadi siswa kearah yang positif dan sebagai profil pelajar pancasila
3. 1 tantangan yang Bapak/Ibu hadapi saat menyusun asesmen formatif dan asesmen sumatif pada sesi sebelumnya:
Lemahnya siswa dapat memahami ajar dan mengetahui kelemahannya dan dapat memperbaikinya secepat mungkin sampai siswa tersebut lulus dan kompeten dalam bidangnya dengan memberikan suport yang baik .
.Dampak jika asesmen berpusat pada murid hasilnya kurang baik walaupun kita mengetahui kelebihan dan kekurangan siswa.
BalasHapusDampak ke 2 kita bisa mengetahui pesrta didik yang harus harus mendapat bimbingan khusus
Dampak ke 3 peserta didik bisa membandingkan kemampuan dirinya dengan yang lain.
2.Dapat mengetahui perbedaan asesmen formatif dan Sumatif
Dapat mengetahui fungsi masing masing asesmen
3.Tantangan yang saya hadapi dalam membuat asesmen adalah menentukan soal yang sesuai dengan materi ajar.