Bapak/Ibu, kali ini kita masuk pada sesi pembelajaran kedua, yaitu Eksplorasi Konsep.
Pada sesi pembelajaran kali ini, Anda akan banyak melakukan eksplorasi mandiri dengan menelaah Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Proyek di SMK dilanjutkan ke konsep dasar, prinsip, serta prosedur tentang Alur Tujuan Pembelajaran.
Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Proyek Di SMK
Alur Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
Setelah Anda memahami tentang Capaian Pembelajaran serta Alur Tujuan Pembelajaran, kita akan belajar membuat Tujuan Pembelajaran berdasarkan 3 aspek itu. Sebelum membaca materi, coba jawab pertanyaan berikut.
Prinsip dan Prosedur Alur Tujuan Pembelajaran
Anda telah mencoba membuat Tujuan Pembelajaran. Saat ini, Anda akan belajar menyusun Alur Tujuan Pembelajaran dari sejumlah Tujuan Pembelajaran.
Sebelum itu, pahamilah prinsip-prinsip dalam menyusun alur dan prosedur penyusunan pada bahan berikut.
Pertanyaan reflektif
1. Sebutkan 3 aspek dari Tujuan Pembelajaran?
2. Sebutkan 7 prinsip
penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran?
3. Jelaskan 7 langkah dalam
menyusun Alur Tujuan Pembelajaran menggunakan Bahasa Anda sendiri?
Penutup
Anda telah mempelajari bagaimana untuk membuat tujuan pembelajaran dan memahami prinsip dan prosedur penyusunan tujuan pembelajarannya..
Selanjutnya, Anda akan belajar secara berkelompok untuk membuat tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajarannya pada kegiatan Ruang Kolaborasi
1. 3 aspek dari tujuan pembelajaran adalah 3 aspek kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran
BalasHapus2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran : Sederhana dan Informatif ; Esensial dan kontekstual ; berkesinambungan ; pengoptimalan 3 aspek kompetensi ; merdeka belajar ; operasional dan aplikatif ; adaptif dan fleksibel
3. 7 langkah dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
a. melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, sikap
b. identifikasi kompetensi di akhir fase dan kompetensi sebelumnya yang harus dikuasai peserta didik sebelum mencapai kompetensi di akhir fase
c. melakukan analisis setiap elemen dan atau sub elemen profil pelajar pancasila yang sesuai dengan mapel dan CP pada fase tersebut
d. berdasarkan identifikasi kkompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai
e. susun tujuan pembelajaran secara linier sevagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari
f. tentukan lingkup materi dan materi utama setiap tujuan pembelajaran
g. tentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan
Mokhammad Yogi Ginanjar
BalasHapus1. Kompetensi, Konten, Variasi
2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran:Sederhana dan informatif, Esensial dan kontekstual, Berkesinambungan, Pengoptimalan tiga aspek kompetensi, Merdeka belajar, Operasional dan Aplikatif, Adaptif dan Fleksibel
3. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran adalah
a. Sederhana dan informatif: perumusan ATP harus dipahami oleh pembuat memggunakan istilah yg umum dan tdk ambigu
b. Esensial dan konstekstual:
Memuat aspek pembelajaran yg mendasar/pemting yaitu kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran dan menyediakan pengalaman belajar yg relevan dgn kehidupan nyata
c. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
e. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar
f. Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar maple
g. Merdeka belajar: mencipatakan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa
1, pengetahuan, keterampilan, dan kreaktivitas
BalasHapus2. a. Siswa mampu menyatakan bilangan berpangkat bulat positif sebagai perkalian bilangan bulat berulang.
b. Siswa mampu menerapkan sifat-sifat bilangan berpangkat bulat positif untuk menyederhanakan ekspresi pangkat.
c. Siswa mampu menyatakan bilangan rasional ke dalam bentuk pangkat bilangan negatif.
d. Siswa mampu menyatakan bilangan akar ke dalam bentuk pangkat pecahan.
e. Siswa mampu menyederhanakan ekspresi yang memuat pangkat pecahan dan pangkat negatif.
f. Siswa mampu menyelesaikan persamaan eksponensial
g. Siswa mampu menjelaskan definisi dari logaritma dan mengaitkannya dengan eksponen
3.1. menganalisis capaian pembelajaran
2. tujuan belajar
3. mendeskripsikan pembelajaran
4. menyesuaikan dengan karakteristik pelajaran
5. merdekakan belajar
6. menyederhanakan materi yang akan di sampaikan kepada peserta didik dan mudah di pahami oleh peserta didik
7. mengoptimalkan aspek penilaian
winnico septiandi
1. 3 aspek TP: kompetensi, konten, dan variasi.
BalasHapus2. Prinsip penyusunan ATP: (1) sederhana dan inovatif, (2) esensial dan kontekstual, (3) berkesinambungan, (4) pengoptimalan 3 aspek kompetensi, yaitu kognitif, afektif dan psikomotor, (5) merdeka belajar, (6) operasional dan aplikatif, (7) adaptif dan fleksibel
3. Langkah dalam menyusun ATP: (1) kita analisis dulu CP nya masuk ke dalam fase mana apakah A,B,C,D,E atau F, (2) identifikasi kompetensi apa saja yang harus dicapai siswa sesuai fase yang telah ditentukan, (3) untuk setiap matpel dianalisis dimensi Profil Pelajar Pancasila nya, (4) rumuskan tujuan pembelajaran agar siswa mencapai kompetensi, mulai dari pemahamannya, berpikir kreativnya, keterampilannya, (5) susun TP tersebut secara liner sesuai KBM dari hari ke hari, (6) tentukan lingkup materi dari setiap TP (1 TP bisa lebih dari 1 materi), (7) tentukan jumlah jam pelajaran yang dibutuhkan sesuai TP tersebut
1. 3 aspek dari tujuan pembelajaran adalah 3 aspek kompetensi keterampilan, pengetahuan dan sikap yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran
BalasHapus2.7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran : merdeka belajar ; operasional dan aplikatif ; adaptif dan fleksibel,,Sederhana dan Informatif ; Esensial dan kontekstual
3.3. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran adalah
a. Sederhana dan informatif: perumusan ATP harus dipahami oleh pembuat memggunakan istilah yg umum dan tdk ambigu
b. Esensial dan konstekstual:
Memuat aspek pembelajaran yg mendasar/pemting yaitu kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran dan menyediakan pengalaman belajar yg relevan dgn kehidupan nyata
c. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
e. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar
f. Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar maple
g. Merdeka belajar: mencipatakan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa
HARYANI SUMIARDI
BalasHapus1. Kompeten, konten, variasi
2.sederhana dan informatif, Essensial dan kontektual,Berkesinambungan,Pengoptimalan 3 aspek kompetensi,Merdeka Belajar, Operasional; dan Aplikatif, Adaptif dan Fleksibel
3.a. Sederhana dan informatif yaitumenggunakan bahasa yang jelas tidak bermakna ganda ganda sehingga mudah dipahami.
b. Essensial dan kontektual yaitu memuat 3 aspek belajar kompetensi , konten dan hasil belajar yang di sesuaikan dengan keadaan nyata dikemas dengan aktivitas yang menarik, menantang dan menyenangkan
c.Berkesinambungan yaitu penyusunan fase dan tujuan pembelajaran secara runut, sistematis sesuai tingkatan berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu kewaktu.\
d. Pengoptimalan 3 aspek kompetensi yaitu sikap, pengetahuan dan ketrampilan adalah aspek kompetensi yang selalu digunakan secara optimal.
e. merdeka belajar yaitu memberi keleluasan bagi siswadan guru untukmenggali potensi , bakat untuk mencapai capaian pembelajaran.
f. operasional dan aplikatif yaitu visualisasi dan deskripsi proses pembelajaran dan penialian sebagai acuan untuk membuat modul ajar .
g. Adaptif dan fleksibel yaitu Sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, karakteristik siswa, dan karakteristik satuan pendidikan serta mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antarmata pelajaran
David Suhadian
BalasHapus1. Kompetensi, Konten, Variasi
2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran:Sederhana dan informatif, Esensial dan kontekstual, Berkesinambungan, Pengoptimalan tiga aspek kompetensi, Merdeka belajar, Operasional dan Aplikatif, Adaptif dan Fleksibel
3. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran adalah
a. Sederhana dan informatif: perumusan ATP harus dipahami oleh pembuat memggunakan istilah yg umum dan tdk ambigu
b. Esensial dan konstekstual:
Memuat aspek pembelajaran yg mendasar/pemting yaitu kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran dan menyediakan pengalaman belajar yg relevan dgn kehidupan nyata
c. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
e. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar
f. Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar maple
g. Merdeka belajar: mencipatakan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa.
1. 3 Aspek Tujuan Pembelajaran adalah :
BalasHapus- Kompetensi
- Konten
- Variasi
2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran adalah :
- Sederhana dan Informatif
- Esensial dan Kontekstual
- Berkesinambungan
- Pengoptimalan tiga aspek kompetensi
- Merdeka Belajar
- Operasional dan Aplikatif
- Adaptif dan Fleksibel
3. 7 langkah dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran :
- Melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan
sikap.
- Identifikasi kompetensi-kompetensi di akhir fase dan kompetensi-kompetensi sebelumnya
yang perlu dikuasai peserta didik sebelum mencapai kompetensi di akhir fase.
- Melakukan analisis setiap elemen dan atau subelemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai
dengan mata pelajaran dan Capaian Pembelajaran pada Fase tersebut.
- Berdasarkan identifikasi kompetensikompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan
pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, pemahaman bermakna yang
akan dipahami dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai siswa untuk
mencapai tujuan pembelajaran.
- Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana
urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.
- Tentukan lingkup materi dan materi utama setiap tujuan pembelajaran (setiap tujuan
pembelajaran dapat memiliki lebih dari satu lingkup materi dan materi utama)
- Berdasarkan perumusan TP tentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan.
1.Kompetensi
BalasHapusKonten
Variasi
2 Tujuh prinsip alur tujuan pembelajaran
Sederhana dan inovatif
Berkesinambunan
Essensial dan kontektual
Pengoptimalan 3 aspek kompetensi
Merdeka belajar
Operasional dan aplikasi
Adaptif dan fleksibel
3.Tujuh langkah dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
1.Tentukan fase
2. Identifikasi kompetensi
3. Analisis dimensi profil
4.Rumuskan Tujuan Pembelajaran
5.Penyusunan rumusan pembelajaran secara linier
6.Tentukan lingkup materi
7.Tentukan jumlah jam pelajaran
1. pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran
BalasHapus2. - Sederhana dan inovatif
- Berkesinambungan
- Esensial dan kontekstual
- Pengoptimalan 3 aspek kompetensi (Pengetahuan, keterampilan dan sikap)
- Merdeka belajar
- Operasional dan aplikatif
- Adaptif dan fleksibel
3. 7 penyusunan ATP :
1. Melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan
2. Identifikasi kompetensi kompetensi di akhir fase
dan kompetensi-kompetensi sebelumnya yang perlu dikuasai peserta didik sebelum mencapai kompetensi di akhir fase.
3. Melakukan analisis setiap elemen dan atau sub- elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan mata pelajaran dan Capaian Pembelajaran pada Fase tersebut.
4. Berdasarkan identifikasi kompetensi-kompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, pemahaman bermakna yang akan dipahami dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
5. Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan
dari hari ke hari.
6. Tentukan lingkup materi dan materi utama setiap tujuan pembelajaran (setiap tujuan pembelajaran dapat memiliki lebih dari satu lingkup materi dan materi utama)
7. Berdasarkan perumusan TP tentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan.
Yandi Sopwan :
BalasHapus1. - Kompetensi
- Konten
- Variasi
2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran:
Sederhana dan informatif, Esensial dan kontekstual, Berkesinambungan,
Pengoptimalan tiga aspek kompetensi, Merdeka belajar, Operasional dan
Aplikatif, Adaptif dan Fleksibel
3. 7 Langkah a. Melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi
pengetahuan , Keterampilan,dan sikap
b. Di akhir fase di identifikasi kompetensi-kompetensisebelumnya
yang perlu di kuasai peserta didik sebelum kompetensi
termencapai
c. Melakukan analisis setiap elemen yang disesuaikan dengan
elemen profil pancasila dengan mata pelajaran dan capaian
pembelajaran pada fase tersebut.
d. Dirumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan
kompetensi yang akan di capai pada kompetensi di akhir fase
e. Setelah merumuskan tujuan pembelajaran ,susun tujuan
pembelajaran secara iner sebagaimana urutan kegiatan
pembeajaran yang di akukan dari hari ke hari
f. Tentukan lingkup materi dan materi utama setiap tujuan
pembelajaran
g. Berdasarkan TP tentukan jumlah jam yang diperlukan
Nisa Humaera,S.Pd.
BalasHapus1. Sebutkan 3 aspek dari Tujuan Pembelajaran?
- Aspek pengetahuan
- Aspek keterampilan
- Aspek Sikap
2. Sebutkan 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran?
- Sederhana dan informatif (tidak menimbulkan makna ganda)
- Esensial dan kontekstual
- Berkesinambunagn ( antar tujuan pembelajaran saling terkait)
- Pengoptimalan tiga aspek kompetensi yaitu: pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang
berjenjang selaras dengan tahapan kognitif (mengingat, memahami, mengaplikasi,
menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta).
- Merdeka belajar maksudnya Memerdekakan siswa dalam berpikir dan bertindak.
- Operasional Dan Aplikatif
- Adaptif dan flexible sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa.
3. Jelaskan 7 langkah dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran menggunakan Bahasa Anda
sendiri?
- Melakukan analiss CP
- Identifikasi kompetensi kompetensi di awal dan di akhir fase.
- Melakukan analiss setiap elemen atau Profil Pelajar Pancasila disesuaikan dengan mata
pelajaran dan capaian pembelajaran .
- Merumuskan tujuan pembelajaran yang akan di capai berdasarkan identifikasi kompetensi
inti
di akhir fase.
- Menyususn tujuan pembelajaran secara linear.
- Tentukan lingkup materi dan materi utama di setiap tujuan pembelajaran.
- Berdasarkan perumusan TP tentukan jumlah jam pelajaran yg diperlukan ( misal : sikap 120
menit, pengetahuan 120 menit dan keterampilan 480 menit)
YUDI HERIYUDIN
BalasHapus1. Tiga aspek dari Tujuan Pembelajaran : Kompetensi , Konten dan Variasi
2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran :
a. Sederhana dan inovatif
b. Berkesinambungan
c. Essensial dan kontektual
d. Pengoptimalan 3 aspek kompetensi
e. Merdeka belajar
f. Operasional dan aplikasi
g. Adaptif dan fleksibel
3. Tujuh langkah dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran :
a. Sederhana dan informatif:
Perumusan ATP harus dipahami oleh pembuat memggunakan istilah yg umum dan tdk ambigu
b. Esensial dan konstekstual:
Memuat aspek pembelajaran yg mendasar/pemting yaitu kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran dan menyediakan pengalaman belajar yg relevan dgn kehidupan nyata
c. Berkesinambungan:
Antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila berdasarkan kurikulum kemerdekan
e. Operasional dan aplikatif:
Rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar
f. Adaptif dan fleksibel:
Sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar maple
g. Merdeka belajar:
Mencipatakan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa serta dapat mengembangkannya sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
1.3 aspek tujuan pembelajaran adalah, kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dimiliki oleh peserta didik
BalasHapus2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran : Sederhana dan Informatif ; Esensial dan kontekstual ; berkesinambungan ; pengoptimalan 3 aspek kompetensi ; merdeka belajar ; operasional dan aplikatif ; adaptif dan fleksibel
3. a.Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar mapel
b. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
c. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar.
d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
e. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
f. berdasarkan identifikasi kkompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai
g. Merdeka belajar: melaksanakan dan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa
( Yayan Suryana )
Martono
BalasHapus1. 3 Aspek TP Adalah : Aspek Pengetahuan,Aspek Ketrampilan dan Aspek Sikap.
2. 7 Prinsif Penyusunan Alur:
1. Sederhana dan Omformatif
2. Esensial dan Kontektual
3. Berkesinambungan
4. Pengoptimalkan 3 Aspek kompetensi
5. Merdeka belajar
6. Operasionaldan Aplikatif
7. Adatif dan fleksibel
3. 7 Langkah dalam penyusunan ATP
1.Menganalisa CP yang memuat materi
Dan kopetensi antara lain :
Pengetahuan,ketrampilan dan sikap
2.Di Akhir fase fi identifokasikan
Kopentensi sebelum yang perlu di
Kuasai peserta didik sebelum kompe
Tensi tercapai.
3. Melakukan analisis setiap elemen
Yang disesuaikan dengan elemen pro
Pil pancasila dengan mata pelajaran
Dan capaian pada pembelajaran terse
but.
4. Dirumuskan tujuan pembelajaran deng
an mempertimbangkan kompetensi yanh
Akan di caoai pada kompetensi di
Akhir fase.
5. Setelah merumuskan tujuan pembela
Jaran secara linear sebagaimana uru
tan kegiatan pembelajaran yang dila
Kukan dari hari ke hari.
6. Tentukan lingkup materi dan materi
Utama setiap tujuan pembelajaran.
7. Berdasarkan Tujuan Pembelajaran Ten
Tukan jumlah jam yang diperlukan.
Nuni Nurdevitasari
BalasHapus1. Kompetensi, Konten, Variasi
2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran:Sederhana dan informatif, Esensial dan kontekstual, Berkesinambungan, Pengoptimalan tiga aspek kompetensi, Merdeka belajar, Operasional dan Aplikatif, Adaptif dan Fleksibel
3. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran adalah
1. Sederhana dan informatif: perumusan ATP harus dipahami oleh pembuat memggunakan istilah yg umum
2. Esensial dan konstekstual:
Memuat aspek pembelajaran yg mendasar/pemting yaitu kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran dan menyediakan pengalaman belajar yg relevan
3. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis
4. Pengoptimalan 3 aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
5. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian
6. Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendidikan
7. Merdeka belajar: mencipatakan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa
BalasHapus1. Kompetensi, Konten, Variasi
2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran:Sederhana dan informatif, Esensial dan kontekstual, Berkesinambungan, Pengoptimalan tiga aspek kompetensi, Merdeka belajar, Operasional dan Aplikatif, Adaptif dan Fleksibel
3. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran adalah
a. Sederhana dan informatif: perumusan ATP harus dipahami oleh pembuat memggunakan istilah yg umum dan tdk ambigu
b. Esensial dan konstekstual:
Memuat aspek pembelajaran yg mendasar/pemting yaitu kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran dan menyediakan pengalaman belajar yg relevan dgn kehidupan nyata
c. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
e. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar
f. Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar maple
g. Merdeka belajar: mencipatakan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa
Tiga Aspek Tujuan Pendidikan adalah mengantarkan siswa agar memeiliki pengetahuan dari setiap mata pelajaran yang di pelajarinya kemudian memberikan wawasan beretika dalam bersikap berprilaku laku baik di seokolah maupun diluar sekolah dan juga memeberikan keterampilan pada peserta didik dari setiap mata pelajaran terutama mata pelajaran
BalasHapusProduktif.
Alur Tujuan Pembelajaran ; informatif . Merdeka belajar,Efektif dan berkesinambungan
Rudi Supriadi
BalasHapus1. 3 aspek: Kompetenei, konten dan variasi
2. Ada 7 prinsip tujuan alur
1. Sederhana dan informatif
2. Esensial dan konstekstual
3. Berkesinambungan
4. Mengoptimalkan 3 aspek kompetensi
5. Merdeka Belajar
6. Operasional dan aplikatif
7. Adaptif dan fleksibel
3. a.Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar mata pelajaran
b. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
c. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar.
d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
e. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
f. berdasarkan identifikasi kkompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai
g. Merdeka belajar: melaksanakan dan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa di satuan pendidikan