2.2 Eksplorasi Konsep - Alur Tujuan Pembelajaran

 

Bapak/Ibu, kali ini kita masuk pada sesi pembelajaran kedua, yaitu Eksplorasi Konsep.

Pada sesi pembelajaran kali ini, Anda akan banyak melakukan eksplorasi mandiri dengan menelaah Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Proyek di SMK dilanjutkan ke konsep dasar, prinsip, serta prosedur tentang Alur Tujuan Pembelajaran.

Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Proyek Di SMK

Sebelum kita mengenali konsep dan komponen dari Modul Ajar, mari sama-sama kita mempelajari tentang Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Proyek di SMK


Alur Tujuan Pembelajaran

Pertama-tama marilah kita sama-sama mempelajari konsep dasar dari Alur Tujuan Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran yang ada di bahan berikut.

Tujuan Pembelajaran

Setelah Anda memahami tentang Capaian Pembelajaran serta Alur Tujuan Pembelajaran, kita akan belajar membuat Tujuan Pembelajaran berdasarkan 3 aspek itu. Sebelum membaca materi, coba jawab pertanyaan berikut.

Prinsip dan Prosedur Alur Tujuan Pembelajaran

Anda telah mencoba membuat Tujuan Pembelajaran. Saat ini, Anda akan belajar menyusun Alur Tujuan Pembelajaran dari sejumlah Tujuan Pembelajaran. 

Sebelum itu, pahamilah prinsip-prinsip dalam menyusun alur dan prosedur penyusunan pada bahan berikut.


Pertanyaan reflektif

Selanjutnya, buktikan pemahaman Anda juga dengan menjawab pertanyaan berikut di kolom komentar

1. Sebutkan 3 aspek dari Tujuan Pembelajaran?

2. Sebutkan 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran?

3. Jelaskan 7 langkah dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran menggunakan Bahasa Anda sendiri?


Penutup

Anda telah mempelajari bagaimana untuk membuat tujuan pembelajaran dan memahami prinsip dan prosedur penyusunan tujuan pembelajarannya.. 

Selanjutnya, Anda akan belajar secara berkelompok untuk membuat tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajarannya pada kegiatan Ruang Kolaborasi

 


19 komentar:

  1. 1. 3 aspek dari tujuan pembelajaran adalah 3 aspek kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran
    2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran : Sederhana dan Informatif ; Esensial dan kontekstual ; berkesinambungan ; pengoptimalan 3 aspek kompetensi ; merdeka belajar ; operasional dan aplikatif ; adaptif dan fleksibel
    3. 7 langkah dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
    a. melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, sikap
    b. identifikasi kompetensi di akhir fase dan kompetensi sebelumnya yang harus dikuasai peserta didik sebelum mencapai kompetensi di akhir fase
    c. melakukan analisis setiap elemen dan atau sub elemen profil pelajar pancasila yang sesuai dengan mapel dan CP pada fase tersebut
    d. berdasarkan identifikasi kkompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai
    e. susun tujuan pembelajaran secara linier sevagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari
    f. tentukan lingkup materi dan materi utama setiap tujuan pembelajaran
    g. tentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan

    BalasHapus
  2. Mokhammad Yogi Ginanjar
    1. Kompetensi, Konten, Variasi
    2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran:Sederhana dan informatif, Esensial dan kontekstual, Berkesinambungan, Pengoptimalan tiga aspek kompetensi, Merdeka belajar, Operasional dan Aplikatif, Adaptif dan Fleksibel
    3. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran adalah
    a. Sederhana dan informatif: perumusan ATP harus dipahami oleh pembuat memggunakan istilah yg umum dan tdk ambigu
    b. Esensial dan konstekstual:
    Memuat aspek pembelajaran yg mendasar/pemting yaitu kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran dan menyediakan pengalaman belajar yg relevan dgn kehidupan nyata
    c. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
    d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
    e. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar
    f. Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar maple
    g. Merdeka belajar: mencipatakan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa

    BalasHapus
  3. 1, pengetahuan, keterampilan, dan kreaktivitas
    2. a. Siswa mampu menyatakan bilangan berpangkat bulat positif sebagai perkalian bilangan bulat berulang.
    b. Siswa mampu menerapkan sifat-sifat bilangan berpangkat bulat positif untuk menyederhanakan ekspresi pangkat.
    c. Siswa mampu menyatakan bilangan rasional ke dalam bentuk pangkat bilangan negatif.
    d. Siswa mampu menyatakan bilangan akar ke dalam bentuk pangkat pecahan.
    e. Siswa mampu menyederhanakan ekspresi yang memuat pangkat pecahan dan pangkat negatif.
    f. Siswa mampu menyelesaikan persamaan eksponensial
    g. Siswa mampu menjelaskan definisi dari logaritma dan mengaitkannya dengan eksponen
    3.1. menganalisis capaian pembelajaran
    2. tujuan belajar
    3. mendeskripsikan pembelajaran
    4. menyesuaikan dengan karakteristik pelajaran
    5. merdekakan belajar
    6. menyederhanakan materi yang akan di sampaikan kepada peserta didik dan mudah di pahami oleh peserta didik
    7. mengoptimalkan aspek penilaian

    winnico septiandi

    BalasHapus
  4. 1. 3 aspek TP: kompetensi, konten, dan variasi.

    2. Prinsip penyusunan ATP: (1) sederhana dan inovatif, (2) esensial dan kontekstual, (3) berkesinambungan, (4) pengoptimalan 3 aspek kompetensi, yaitu kognitif, afektif dan psikomotor, (5) merdeka belajar, (6) operasional dan aplikatif, (7) adaptif dan fleksibel

    3. Langkah dalam menyusun ATP: (1) kita analisis dulu CP nya masuk ke dalam fase mana apakah A,B,C,D,E atau F, (2) identifikasi kompetensi apa saja yang harus dicapai siswa sesuai fase yang telah ditentukan, (3) untuk setiap matpel dianalisis dimensi Profil Pelajar Pancasila nya, (4) rumuskan tujuan pembelajaran agar siswa mencapai kompetensi, mulai dari pemahamannya, berpikir kreativnya, keterampilannya, (5) susun TP tersebut secara liner sesuai KBM dari hari ke hari, (6) tentukan lingkup materi dari setiap TP (1 TP bisa lebih dari 1 materi), (7) tentukan jumlah jam pelajaran yang dibutuhkan sesuai TP tersebut

    BalasHapus
  5. 1. 3 aspek dari tujuan pembelajaran adalah 3 aspek kompetensi keterampilan, pengetahuan dan sikap yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran
    2.7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran : merdeka belajar ; operasional dan aplikatif ; adaptif dan fleksibel,,Sederhana dan Informatif ; Esensial dan kontekstual
    3.3. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran adalah
    a. Sederhana dan informatif: perumusan ATP harus dipahami oleh pembuat memggunakan istilah yg umum dan tdk ambigu
    b. Esensial dan konstekstual:
    Memuat aspek pembelajaran yg mendasar/pemting yaitu kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran dan menyediakan pengalaman belajar yg relevan dgn kehidupan nyata
    c. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
    d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
    e. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar
    f. Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar maple
    g. Merdeka belajar: mencipatakan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa

    BalasHapus
  6. HARYANI SUMIARDI
    1. Kompeten, konten, variasi
    2.sederhana dan informatif, Essensial dan kontektual,Berkesinambungan,Pengoptimalan 3 aspek kompetensi,Merdeka Belajar, Operasional; dan Aplikatif, Adaptif dan Fleksibel
    3.a. Sederhana dan informatif yaitumenggunakan bahasa yang jelas tidak bermakna ganda ganda sehingga mudah dipahami.
    b. Essensial dan kontektual yaitu memuat 3 aspek belajar kompetensi , konten dan hasil belajar yang di sesuaikan dengan keadaan nyata dikemas dengan aktivitas yang menarik, menantang dan menyenangkan
    c.Berkesinambungan yaitu penyusunan fase dan tujuan pembelajaran secara runut, sistematis sesuai tingkatan berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu kewaktu.\
    d. Pengoptimalan 3 aspek kompetensi yaitu sikap, pengetahuan dan ketrampilan adalah aspek kompetensi yang selalu digunakan secara optimal.
    e. merdeka belajar yaitu memberi keleluasan bagi siswadan guru untukmenggali potensi , bakat untuk mencapai capaian pembelajaran.
    f. operasional dan aplikatif yaitu visualisasi dan deskripsi proses pembelajaran dan penialian sebagai acuan untuk membuat modul ajar .
    g. Adaptif dan fleksibel yaitu Sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, karakteristik siswa, dan karakteristik satuan pendidikan serta mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antarmata pelajaran

    BalasHapus
  7. David Suhadian
    1. Kompetensi, Konten, Variasi
    2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran:Sederhana dan informatif, Esensial dan kontekstual, Berkesinambungan, Pengoptimalan tiga aspek kompetensi, Merdeka belajar, Operasional dan Aplikatif, Adaptif dan Fleksibel
    3. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran adalah
    a. Sederhana dan informatif: perumusan ATP harus dipahami oleh pembuat memggunakan istilah yg umum dan tdk ambigu
    b. Esensial dan konstekstual:
    Memuat aspek pembelajaran yg mendasar/pemting yaitu kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran dan menyediakan pengalaman belajar yg relevan dgn kehidupan nyata
    c. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
    d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
    e. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar
    f. Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar maple
    g. Merdeka belajar: mencipatakan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa.

    BalasHapus
  8. 1. 3 Aspek Tujuan Pembelajaran adalah :
    - Kompetensi
    - Konten
    - Variasi

    2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran adalah :
    - Sederhana dan Informatif
    - Esensial dan Kontekstual
    - Berkesinambungan
    - Pengoptimalan tiga aspek kompetensi
    - Merdeka Belajar
    - Operasional dan Aplikatif
    - Adaptif dan Fleksibel

    3. 7 langkah dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran :
    - Melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan
    sikap.
    - Identifikasi kompetensi-kompetensi di akhir fase dan kompetensi-kompetensi sebelumnya
    yang perlu dikuasai peserta didik sebelum mencapai kompetensi di akhir fase.
    - Melakukan analisis setiap elemen dan atau subelemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai
    dengan mata pelajaran dan Capaian Pembelajaran pada Fase tersebut.
    - Berdasarkan identifikasi kompetensikompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan
    pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, pemahaman bermakna yang
    akan dipahami dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai siswa untuk
    mencapai tujuan pembelajaran.
    - Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana
    urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.
    - Tentukan lingkup materi dan materi utama setiap tujuan pembelajaran (setiap tujuan
    pembelajaran dapat memiliki lebih dari satu lingkup materi dan materi utama)
    - Berdasarkan perumusan TP tentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan.

    BalasHapus
  9. 1.Kompetensi
    Konten
    Variasi
    2 Tujuh prinsip alur tujuan pembelajaran
    Sederhana dan inovatif
    Berkesinambunan
    Essensial dan kontektual
    Pengoptimalan 3 aspek kompetensi
    Merdeka belajar
    Operasional dan aplikasi
    Adaptif dan fleksibel
    3.Tujuh langkah dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran
    1.Tentukan fase
    2. Identifikasi kompetensi
    3. Analisis dimensi profil
    4.Rumuskan Tujuan Pembelajaran
    5.Penyusunan rumusan pembelajaran secara linier
    6.Tentukan lingkup materi
    7.Tentukan jumlah jam pelajaran

    BalasHapus
  10. 1. pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran
    2. - Sederhana dan inovatif
    - Berkesinambungan
    - Esensial dan kontekstual
    - Pengoptimalan 3 aspek kompetensi (Pengetahuan, keterampilan dan sikap)
    - Merdeka belajar
    - Operasional dan aplikatif
    - Adaptif dan fleksibel
    3. 7 penyusunan ATP :
    1. Melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan
    2. Identifikasi kompetensi kompetensi di akhir fase
    dan kompetensi-kompetensi sebelumnya yang perlu dikuasai peserta didik sebelum mencapai kompetensi di akhir fase.
    3. Melakukan analisis setiap elemen dan atau sub- elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan mata pelajaran dan Capaian Pembelajaran pada Fase tersebut.
    4. Berdasarkan identifikasi kompetensi-kompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, pemahaman bermakna yang akan dipahami dan variasi keterampilan berpikir apa yang perlu dikuasai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
    5. Setelah tujuan pembelajaran dirumuskan, susun tujuan pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan
    dari hari ke hari.
    6. Tentukan lingkup materi dan materi utama setiap tujuan pembelajaran (setiap tujuan pembelajaran dapat memiliki lebih dari satu lingkup materi dan materi utama)
    7. Berdasarkan perumusan TP tentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan.



    BalasHapus
  11. Yandi Sopwan :
    1. - Kompetensi
    - Konten
    - Variasi
    2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran:
    Sederhana dan informatif, Esensial dan kontekstual, Berkesinambungan,
    Pengoptimalan tiga aspek kompetensi, Merdeka belajar, Operasional dan
    Aplikatif, Adaptif dan Fleksibel
    3. 7 Langkah a. Melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi
    pengetahuan , Keterampilan,dan sikap
    b. Di akhir fase di identifikasi kompetensi-kompetensisebelumnya
    yang perlu di kuasai peserta didik sebelum kompetensi
    termencapai
    c. Melakukan analisis setiap elemen yang disesuaikan dengan
    elemen profil pancasila dengan mata pelajaran dan capaian
    pembelajaran pada fase tersebut.
    d. Dirumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan
    kompetensi yang akan di capai pada kompetensi di akhir fase
    e. Setelah merumuskan tujuan pembelajaran ,susun tujuan
    pembelajaran secara iner sebagaimana urutan kegiatan
    pembeajaran yang di akukan dari hari ke hari
    f. Tentukan lingkup materi dan materi utama setiap tujuan
    pembelajaran
    g. Berdasarkan TP tentukan jumlah jam yang diperlukan

    BalasHapus
  12. Nisa Humaera,S.Pd.

    1. Sebutkan 3 aspek dari Tujuan Pembelajaran?
    - Aspek pengetahuan
    - Aspek keterampilan
    - Aspek Sikap

    2. Sebutkan 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran?
    - Sederhana dan informatif (tidak menimbulkan makna ganda)
    - Esensial dan kontekstual
    - Berkesinambunagn ( antar tujuan pembelajaran saling terkait)
    - Pengoptimalan tiga aspek kompetensi yaitu: pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang
    berjenjang selaras dengan tahapan kognitif (mengingat, memahami, mengaplikasi,
    menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta).
    - Merdeka belajar maksudnya Memerdekakan siswa dalam berpikir dan bertindak.
    - Operasional Dan Aplikatif
    - Adaptif dan flexible sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa.

    3. Jelaskan 7 langkah dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran menggunakan Bahasa Anda
    sendiri?
    - Melakukan analiss CP
    - Identifikasi kompetensi kompetensi di awal dan di akhir fase.
    - Melakukan analiss setiap elemen atau Profil Pelajar Pancasila disesuaikan dengan mata
    pelajaran dan capaian pembelajaran .
    - Merumuskan tujuan pembelajaran yang akan di capai berdasarkan identifikasi kompetensi
    inti
    di akhir fase.
    - Menyususn tujuan pembelajaran secara linear.
    - Tentukan lingkup materi dan materi utama di setiap tujuan pembelajaran.
    - Berdasarkan perumusan TP tentukan jumlah jam pelajaran yg diperlukan ( misal : sikap 120
    menit, pengetahuan 120 menit dan keterampilan 480 menit)

    BalasHapus
  13. YUDI HERIYUDIN
    1. Tiga aspek dari Tujuan Pembelajaran : Kompetensi , Konten dan Variasi

    2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran :
    a. Sederhana dan inovatif
    b. Berkesinambungan
    c. Essensial dan kontektual
    d. Pengoptimalan 3 aspek kompetensi
    e. Merdeka belajar
    f. Operasional dan aplikasi
    g. Adaptif dan fleksibel

    3. Tujuh langkah dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran :
    a. Sederhana dan informatif:
    Perumusan ATP harus dipahami oleh pembuat memggunakan istilah yg umum dan tdk ambigu
    b. Esensial dan konstekstual:
    Memuat aspek pembelajaran yg mendasar/pemting yaitu kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran dan menyediakan pengalaman belajar yg relevan dgn kehidupan nyata
    c. Berkesinambungan:
    Antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
    d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila berdasarkan kurikulum kemerdekan
    e. Operasional dan aplikatif:
    Rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar
    f. Adaptif dan fleksibel:
    Sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar maple
    g. Merdeka belajar:
    Mencipatakan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa serta dapat mengembangkannya sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

    BalasHapus
  14. 1.3 aspek tujuan pembelajaran adalah, kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dimiliki oleh peserta didik
    2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran : Sederhana dan Informatif ; Esensial dan kontekstual ; berkesinambungan ; pengoptimalan 3 aspek kompetensi ; merdeka belajar ; operasional dan aplikatif ; adaptif dan fleksibel
    3. a.Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar mapel
    b. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
    c. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar.
    d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
    e. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
    f. berdasarkan identifikasi kkompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai
    g. Merdeka belajar: melaksanakan dan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa
    ( Yayan Suryana )



    BalasHapus
  15. Martono

    1. 3 Aspek TP Adalah : Aspek Pengetahuan,Aspek Ketrampilan dan Aspek Sikap.

    2. 7 Prinsif Penyusunan Alur:
    1. Sederhana dan Omformatif
    2. Esensial dan Kontektual
    3. Berkesinambungan
    4. Pengoptimalkan 3 Aspek kompetensi
    5. Merdeka belajar
    6. Operasionaldan Aplikatif
    7. Adatif dan fleksibel

    3. 7 Langkah dalam penyusunan ATP
    1.Menganalisa CP yang memuat materi
    Dan kopetensi antara lain :
    Pengetahuan,ketrampilan dan sikap
    2.Di Akhir fase fi identifokasikan
    Kopentensi sebelum yang perlu di
    Kuasai peserta didik sebelum kompe
    Tensi tercapai.
    3. Melakukan analisis setiap elemen
    Yang disesuaikan dengan elemen pro
    Pil pancasila dengan mata pelajaran
    Dan capaian pada pembelajaran terse
    but.

    4. Dirumuskan tujuan pembelajaran deng
    an mempertimbangkan kompetensi yanh
    Akan di caoai pada kompetensi di
    Akhir fase.

    5. Setelah merumuskan tujuan pembela
    Jaran secara linear sebagaimana uru
    tan kegiatan pembelajaran yang dila
    Kukan dari hari ke hari.

    6. Tentukan lingkup materi dan materi
    Utama setiap tujuan pembelajaran.

    7. Berdasarkan Tujuan Pembelajaran Ten
    Tukan jumlah jam yang diperlukan.

    BalasHapus
  16. Nuni Nurdevitasari
    1. Kompetensi, Konten, Variasi
    2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran:Sederhana dan informatif, Esensial dan kontekstual, Berkesinambungan, Pengoptimalan tiga aspek kompetensi, Merdeka belajar, Operasional dan Aplikatif, Adaptif dan Fleksibel
    3. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran adalah
    1. Sederhana dan informatif: perumusan ATP harus dipahami oleh pembuat memggunakan istilah yg umum
    2. Esensial dan konstekstual:
    Memuat aspek pembelajaran yg mendasar/pemting yaitu kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran dan menyediakan pengalaman belajar yg relevan
    3. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis
    4. Pengoptimalan 3 aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
    5. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian
    6. Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendidikan
    7. Merdeka belajar: mencipatakan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa

    BalasHapus




  17. 1. Kompetensi, Konten, Variasi
    2. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran:Sederhana dan informatif, Esensial dan kontekstual, Berkesinambungan, Pengoptimalan tiga aspek kompetensi, Merdeka belajar, Operasional dan Aplikatif, Adaptif dan Fleksibel
    3. 7 prinsip penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran adalah
    a. Sederhana dan informatif: perumusan ATP harus dipahami oleh pembuat memggunakan istilah yg umum dan tdk ambigu
    b. Esensial dan konstekstual:
    Memuat aspek pembelajaran yg mendasar/pemting yaitu kompetensi, konten, dan hasil pembelajaran dan menyediakan pengalaman belajar yg relevan dgn kehidupan nyata
    c. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
    d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
    e. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar
    f. Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar maple
    g. Merdeka belajar: mencipatakan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa

    BalasHapus
  18. Tiga Aspek Tujuan Pendidikan adalah mengantarkan siswa agar memeiliki pengetahuan dari setiap mata pelajaran yang di pelajarinya kemudian memberikan wawasan beretika dalam bersikap berprilaku laku baik di seokolah maupun diluar sekolah dan juga memeberikan keterampilan pada peserta didik dari setiap mata pelajaran terutama mata pelajaran
    Produktif.
    Alur Tujuan Pembelajaran ; informatif . Merdeka belajar,Efektif dan berkesinambungan

    BalasHapus
  19. Rudi Supriadi
    1. 3 aspek: Kompetenei, konten dan variasi
    2. Ada 7 prinsip tujuan alur
    1. Sederhana dan informatif
    2. Esensial dan konstekstual
    3. Berkesinambungan
    4. Mengoptimalkan 3 aspek kompetensi
    5. Merdeka Belajar
    6. Operasional dan aplikatif
    7. Adaptif dan fleksibel
    3. a.Adaptif dan fleksibel: sesuai dengan karakteristik pelajaran, karakteristik siswa dan satuan pendisikan dgn mempertimbangkan alokasi waktu dan relevansi antar mata pelajaran
    b. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
    c. Operasional dan aplikatif: rumusan ATP memvisualisasikan dan mendeskripksikan proses pembelajaran dan penilaian utuh yg dapat mrnjadi acuan operasional aplikatif utk merancang modul ajar.
    d. Pengoptimalan 3 aspej pengetahuan, keterampilan dan sikap yg berjenjang selaras dengan tahapan kognitif serta dimensi pengetahuan untuk penumbuhan kecakapan hidup dan mengahasilkan profil pelajar Pancasila
    e. Berkesinambungan: antar fase dan antar tujuan pembelajaran terkait dan merupakan capaian secara runtut, sistematis dan berjenjang untuk mencapai CP yg ditetapkan
    f. berdasarkan identifikasi kkompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai
    g. Merdeka belajar: melaksanakan dan suasana yg menyenangkan bagi guru dan siswa di satuan pendidikan

    BalasHapus