Pada sesi sebelumnya, Ibu dan Bapak telah memahami tentang prinsip, proses, serta komponen dari kurikulum operasional di satuan pendidikan. Ibu dan Bapak juga telah melakukan simulasi penyusunan karakteristik sekolah, visi, misi, dan tujuan sebagai bagian dari desain kurikulum operasional di satuan pendidikan. Dari pengalaman tersebut, mari kita melakukan refleksi dengan menjawab beberapa pertanyaan berikutdi kolom komentar jangan lupa sertakan nama:
- Mengapa kurikulum operasional di satuan pendidikan penting untuk dibuat secara kontekstual?
- Mengapa penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan perlu melibatkan semua warga sekolah?
- Apa peranan masing-masing warga sekolah dalam pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan?
- Bagaimana cara melibatkan semua pihak dalam pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan?
Mokhammad Yogi Ginanjar
BalasHapus1. Karena kurikulum merupakan inti bidang dan program kompetensi ke dalam bentuk konsentrasi serta potensi internal sekolah dan dunia kerja
2. Sebab dalam penyusunan kurikulum harus dilakukan analisis konteks karakterisktik satuan pendidikan
3. Peranan:
A. Tim penyusun dokumen : menganalisis lingkungan belajar, visi misi tujuan, analisis kebutuhan dan strategi serta desain pembelajaran
B. Tim peninjauan dan revisi
4. Cara perlibatan :
a. Workshop
b. Pembagian tugas khusus
c. Identifikasi kompetensi pendukung
d tugas-tugas yang diidentifikasi diterjemahkan menjadi pengembangan kurikulum
e. Workshop validasi
F. Review manajemen
G kerja analisis tugas
1.Karena kurikulum merupakan hal yang utama dan mutlak harus ada sebagai pedoman kegiatan pembelajaran baik internal sekolah maupun eksterna (Dunia Usaha dan Industri)
BalasHapus2.Karena dalam pelaksanaannya akan melibatkan seluruh warga sekolah.
3.Masing masing unsur warga sekolah mempunyai peran/tugas sesuai tupoksinyasbagai perencana/pengawas ,penentuan misi dan visi,tujuan,sampai kepada kebutuhan dan pembiayaan dll
4.Mengerjakan sesuai bidang garapannya masing masing sesuai tupoksinya.
1. karena kurikulum sebagai kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun di dunia usaha nantinya
BalasHapus2. karena akan lebih banyak masukan jika melibatkan semua warga sekolah
3.untuk menganalisis lingkungan pembelajaran strategi dan metode pembelajaran
4, mengerjakan sesuai dengan bidang keahliannya msing - masing.
1.Karena kurikulum merupakan hal yang utama dan mutlak harus ada sebagai pedoman/pengarah kegiatan
BalasHapuspembelajaran baik internal sekolah maupun eksternal (Dunia Usaha dan Industri)
2.Karena dalam pelaksanaannya akan melibatkan seluruh warga sekolah.
3.Masing masing unsur warga sekolah mempunyai peran/tugas sesuai tupoksinya sebagai
perencana/pengawas ,penentuan misi dan visi,tujuan,sampai kepada kebutuhan dan pembiayaan dll
4.Mengerjakan sesuai bidang garapannya masing masing sesuai tupoksinya.
David Suhadian
BalasHapus1.kurikulum merupakan hal yang utama dan mutlak harus ada sebagai pedoman kegiatan pembelajaran baik internal sekolah maupun eksterna (DU/DI)
2.Dalam penyusunan kurikulum harus dilakukan analisis konteks karakterisktik satuan pendidikan dengan melibatkan warga sekolah dan pengawas sekolah.
3.Peranan masing-masing warga sekolah dalam pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan sesuai dengan tupoksinya masing masing.
4.Cara melibatkan semua pihak dalam pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan,yaitu dengan mengadakan workshop,pembagian tugas khusus,managemen dan pengembangan kurikulum.
Rudi Supriadi
BalasHapus1. Karena kurikulum merupakan inti atau ruhnya satuan pendidikan di semua bidang dan program kompetensi ke dalam bentuk potensi internal sekolah dan DUDI
2. Sebab dalam penyusunan kurikulum harus dilakukan analisis konteks karakter satuan pendidikan
3. Peranan:
A. Tim penyusun dokumen : menganalisis lingkungan belajar, maksud dan tujuan, analisis,evaluasi kebutuhan dan strategi dalam pencapaian pembelajaran
B. Tim peninjauan dan revisi
4. Cara kebutuhan :
a. Workshop atau ruang belajar
b. Pembagian tugas khusus
c. Identifikasi kompetensi daya dukung
d Tugas-tugas yang diidentifikasi diterjemahkan menjadi pengembangan kurikulum
e. Workshop valid
F. Manajemen dengan baik
G. Menganalisis/memeriksa tugas
BalasHapus1
1. Sebagaimana kurikulum merupakan hal yang utama dan mutlak harus ada sebagai pedoman kegiatan pembelajaran baik internal sekolah maupun eksterna (Dunia Usaha dan Industri) untuk menunjang kegiatan pembelajaran.
2. Di karenakan dalam penyusunan kurikulum harus dilakukan analisis konteks karakterisktik satuan pendidikan.
3. 3.Masing masing unsur warga sekolah mempunyai peran/tugas sesuai tupoksinyasbagai perencana/pengawas ,penentuan misi dan visi,tujuan,sampai kepada kebutuhan dan pembiayaan dll
4.Mengerjakan sesuai bidang garapannya masing masing sesuai tupoksinya.
( Yayan Suryana )
Yandi Sopwan :
BalasHapus1. Agar dapat berjalan dengan baik sesuai dengan rencana dan meningkatkan
kwalitas proses pembelajaran.
2. Karena penyusunan KOS perlu mendapatkan masukan dari semua pihak pada
satuan pendidikan
3. pengawas sekolah : pengawas berperan sebagai mediator antara sekolah dan
kedinasan
komite sekolah : komite sekolah berperan dalam memberikan pertimbangan
dalam penentuan pelakanaan kebijakan, menyalurkan aspirasi yang merupakan
kebutuhan masyarakat serta menjaga akuntabilitas dan transparansi dalam
penyusunan hingga pelaksanaanya
kepala sekolah : kepala sekolah berperan dalam perencanaan, pengelolaan,
implementasi hingga evaluasi pelaksanaan kurikulum. selain itu kepala
sekolah merupakan leader dan tokoh kunci dalam manajemen kurikulum dan
mengusahakan keselarasannya dengan kebutuhan dan karakteristik peserta
didik
pendidik : pendidik atau guru berpperan sebagai perencanan, pelaksana dan
pengembang kurikulum bagi siswa di kelasnya. sebagai eksekutor yang secara
langsung mengajar siswa didalam kelas, maka guru secara langsung bertugas
menyajikan kurikulum yang telah disepakati, melalui perencanaan, penerapan
dan evaluasi capaian
orangtua wali : orang tua berperan serta untuk mengakomodir beberapa
kegiatan pembelajarn yang perlu dilaksanakan dirumah dan mengawasai serta
memberi saran dalam proses pelaksanaannya
4. melibatkan semua pihak perlu diupayakan dengan menyamakan persepsi serta
menumbuhkan kesadaran akan urgensi kurikulum bagi keberhasilan pendidikan,
sehingga masing masing pihak mau berkontribusi dan mengoptimalkan peran
masing masing.
1. agar relevan dengan budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri
BalasHapus2. karena setiap warga sekolah memiliki pemikiran-pemikiran berbeda yang akan membuat kurikulum operasional menjadi lebih lengkap
3. pengawas: mengawasi pelaksanaan pengembangan kurikulum operasional yang selanjutnya bertanggungjawab kepada pusat,
kepala sekolah: menjadi instruktur, penanggungjawab penuh di sekolah dalam pengembangan kurikulum operasional, dan menjadi 'penyambung' instruksi dari pengawas
wakasek: membantu kepala sekolah dalam membimbing pengembangan kurikulum
guru: memberikan pendapat/masukan terhadap kurikulum operasional yang telah disusun tim kurikulum, melaksanakan kurikulum dalam pembelajaran, mengevaluasi kurikulum
siswa: menjalankan kurikulum operasional dengan bimbingan dari guru melalui proses KBM, mendapatkan feedback dari pelaksanaan kurikulum dan dapat memberi masukan/pendapat tentang keefektifan kurikulum melalui guru di kelas
orang tua siswa: mendukung berjalannya kurikulum operasional, salah satunya dengan cara memotivasi siswa (anak) agar semangat belajar
4. dengan sosialisasi seperti workshop, meeting, IHT
HARYANI
BalasHapus1.kurikulum yang disesuaikan dengan karakteristik satuan
pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri
2. karena penyusunan kurikulum harus memperhatikan semua unsur
3.pengawas: mengawasi pelaksanaan pengembangan kurikulumdi sekolah binaan
kepala sekolah: menjadi penanggungjawab terlaksananya kurikulum yang tertuang dalam setiap lrogram sekolah
wakasek: membantu kepala sekolah dalam membimbing pengembangan kurikulum
guru: memberikan pendapat/masukan terhadap kurikulum operasional yang telah disusun tim kurikulum, melaksanakan kurikulum dalam pembelajaran, mengevaluasi kurikulum
4.sosilaisasi dalam bentuk Iht , seminar
1. Kurikulum sangat penting, karena merupakan pedoman dalam satuan pendidikan
BalasHapus2. Karena isi kurikulum melibatkan seluruh warga sekolah dengan kemampuan siswa dan tenaga pendidik yang berbeda-beda
3. - Pengawas memiliki peran supervisi manejerial,akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan, dan sosial
- Komite memiliki peran pemberi pertimbangan, pendukung, pengontrol, dan mediator dalam penentuan dan pelaksanaan kebijaksanaan pendidikan di satuan pendidikan baik dalam finansial, pemikiran maupun tenaga.
- Kepala sekolah memiliki peran sebagai pemimpin institusi bagi para guru dan menjadi pimpinan dalam manajemen.
- Guru memiliki peran merencanakan, melaksanakan, monitoring, evaluasi dan melakukan tindak lanjut di satuan pendidikan
4. semua warga sekolah memiliki peran dan tugasnya masing-masing sesuai dengan tupoksinya.
1.Karena Kurikulum merupakan ruhnya pada satuan pendidikan
BalasHapus2.Karena dalam pelaksanaan kegiatannya akan melubatkan seluruh warga sekolah
3.Masing - masing warga sekolah mempunyai tugad dan peran yg berbeda sesuai TuPokSinya masing-masing
4.Memverikan ruang kepada seluruh warga sekolah agar bereperan aktif dari semua program sekolah sesuai dengan tugas yang duembannya
Nisa Humaera,S.Pd.
BalasHapus1. Mengapa kurikulum operasional di satuan pendidikan penting untuk dibuat secara
kontekstual?
- Menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial
budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri
2. Mengapa penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan perlu melibatkan semua
warga sekolah?
- Agar dapat dipertanggungjawabkan
3. Apa peranan masing-masing warga sekolah dalam pengembangan kurikulum operasional di
satuan pendidikan?
- Sebagai penghubung pengaduan dan keluhan
4. Bagaimana cara melibatkan semua pihak dalam pengembangan kurikulum operasional di satuan
pendidikan?
- Pengembangan kurikulum satuan pendidikan melibatkan komite satuan pendidikan dan
berbagai pemangku kepentingan antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, serta
industri dan dunia kerja untuk SMK, di bawah koordinasi dan supervisi dinas Pendidikan
atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama
sesuai dengan kewenangannya
YUDI HERIYUDIN
BalasHapus1. kurikulum operasional di satuan pendidikan penting untuk dibuat secara kontekstual :
Kurikulum merupakan peganagan dasar dan hal yang utama ,mutlak harus ada sebagai pedoman/pengarah kegiatan sehingga proses pembelajaran tersampai secara tersetuktur.
2. Penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan perlu melibatkan semua warga sekolah :
Ya semua pihak yang ada dilingkungan sekolah harus terlibat
3. Peranan masing-masing warga sekolah dalam pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan :
Perannya harus sesuai dengan tupoksinya , serta adanya perencanaan dan pengawasan yang matang serta visi dan misi yang jelas.
4. Cara melibatkan semua pihak dalam pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan : Ya harus melibatkan semua pihak sesuai dengan tupoksinya ( Kepala sekolah, Kurikulum, TIM MGMP , guru , pengawas sekolah ) dan pihak luar baik orang tua maupun instansi pemerintah yang terkait ( Dinas Pendidikan ) .