Pada sesi sebelumnya, Anda telah mencoba membuat Tujuan Pembelajaran serta Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran. Berdasarkan pengalaman tersebut, mari kita lakukan refleksi dengan menjawab beberapa pertanyaan ini di dalam kolom komentar :
- Apa saja kesulitan yang muncul dalam proses membuat ATP?
- Siapa yang dapat membantu Anda dalam proses menyusun serta menjalankan ATP?
- Bantuan seperti apa yang Anda butuhkan?
Mokhammad Yogi Ginanjar
BalasHapus1. Menyelaraskan antara kompetensi, konten dan variasi
2. Kurikulum
3. Contoh pembuataan ATP sesuai Langkah-langkah
1.Menyesuaikan kompetentsi,dan isi
BalasHapus2.Kurikulum
3.Contoh lengkap ATP dan langkah langkahnya
1. menganalisis setiap elemen Profil Pelajar Pancasila, karena dalam 1 materi terkadang hanya mengandung salah satu dimensi P3 atau bahkan sulit untuk menentukan dimensi P3 nya apa. Lalu cukup sulit dalam merumuskan kompetensi dan tujuan pembelajaran dimana siswa harus memunculkan keterampilannya (kita sebagai guru juga harus kreatif).
BalasHapus2. bidang kurikulum, rekan guru mata pelajaran yang sama, dan tentunya kepala sekolah sebagai instruktur / penanggungjawab.
3. pemikiran yang kreatif, penggunaan kalimat yang efisien sesuai PUEBI, penyusunan ATP yang memenuhi prinsip ATP
HARYANI SUMIARDI
BalasHapus1.identifikasi lingkup materi dan materi serta alokasi waktu
2.kurikulum, instruktur , tutor sebaya
3.sharing
winnico septiandi
BalasHapus1. menyelaraskan kompetensi dasar dan pengetahuan inti
2. kurikulum
3. cara pembuatan ATP yang baik dan benar
1. Menyesuaikan tujuan pembelajaran dengan 3 aspek kompetensi
BalasHapus2. Kurikulum, guru yang sama mapel dengan guru yang diampu
3. Contoh-contoh ATP dan teman sharing informasi
David Suhadian
BalasHapus1. Menyesuaikan Antara Kompetensi,Konten dan Variasi
2. Kurikulum
3. Contoh pembuatan Alur Tujuan Pembelajaran yang sesuai langkah langkah
1. Penyesuaian antara kompetensi, konten dan variasi
BalasHapus2. Bagian Kurikulum,guru sejawat,Kepala Sekolah,Pengawas Sekolah
3. Contoh pembuatan Alur Tujuan Pembelajaran sesuai urutan Langkah-langkahnya
Yandi Sopwan :
BalasHapus1. antara kompetensi, konten dan variasi dinselaraskan
2. Kurikulum
3. Contoh pembuataan ATP sesuai Langkah-langkah
Yayan Suryana
BalasHapus1. Menyesuaikan antara kompetensi dan variasi
2. bagian kurikulum
3. Contoh pembuatan ATP dengan langkah langkah
YUDI HERIYUDIN
BalasHapus1. Kesulitan yang muncul dalam proses membuat ATP :
Menyesuaikan dan mensinkronkan antara aspek Kompetensi,Konten dan Variasi
2. Yang dapat membantu Anda dalam proses menyusun serta menjalankan ATP :
- Bagian Kurikulum
- Tim MGMP dan guru sejawat
- Kepala Sekolah
- Pengawas Sekolah
3. Bantuan yang Anda butuhkan :
- Adanya contoh pembuatan Alur Tujuan Pembelajaran sesuai urutan Langkah-langkahnya
- Adanya teman sharing informasi dalam penyusunan ATP, yang terstruktur, baik dan benar .
Martono
BalasHapus1. Menyelaraskan antara kompetensi,
Konten dan Vatiasi.
2. Kurikulum
3. Contoh lengkap Pembuatan alur Tujuan
Pembelajaran dan langkah-langkahnya.
Nuni Nurdevitasari
BalasHapus1. Menyesuaikan sesuai dengan kompetensi
2. Kurikulum, guru yang sama mapel
3. Adanya kerjasama dan sharing informasi
Nisa Humaera, S.Pd.
BalasHapus1. Apa saja kesulitan yang muncul dalam proses membuat ATP?
- kKrangnya media pembelajaran yang digunkan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang
telah ditetapkan.
- Ketidaksesuaian media pembelajaran dengan kondisi individu siswa
2. Siapa yang dapat membantu Anda dalam proses menyusun serta menjalankan ATP?
- Kurikulum
- MGMP
3. Bantuan seperti apa yang Anda butuhkan?
- Langkah langkah pembuatan ATP beserta contohnya.
Rudi Supriadi
BalasHapus1. Menyesuaikan Antara Kompetensi,Konten dan Variasi
2. Kurikulum
3. Contoh lengkap Pembuatan alur Tujuan
Pembelajaran dan langkah-langkahnya.
1.Menyesuaikan antara materi dan konten Variasi.
BalasHapus2.Ke Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum
3.Sampel metode pembuatan alur Tujuan Pembelajaran yang berurutan dan terstruktur langkah langkahnya