2.7 Eksplorasi Konsep - Asesmen Diagnostik

 

Setelah Bapak/Ibu memahami tentang Prinsip Asesmen, kita akan belajar tentang Asesmen Diagnostik. 

Sebelum membaca materi di bawah cobalah tebak kira-kira apa tujuan Asesmen Diagnostik? Ada berapa macam Asesmen Diagnostik?

Jika Bapak/Ibu sudah menebak, bukalah file di bawah ini untuk memahami Asesmen Diagnostik dan menentukan apakah tebakan Bapak/Ibu betul atau tidak.


Pengetahuan awal Asesmen Diagnostik

Setelah Anda memahami tentang Prinsip Asesmen, kita akan belajar tentang Asesmen Diagnostik. 

Sebelum membaca materi di bawah cobalah tebak kira-kira: 

  • Apa tujuan Asesmen Diagnostik? 
  • Ada berapa macam Asesmen Diagnostik?

Pentingnya Asesmen Diagnostik

Seperti Bapak/ Ibu guru ketahui, kemampuan dan keterampilan siswa di dalam sebuah kelas berbeda-beda. Ada yang lebih cepat paham dalam topik tertentu, namun ada juga yang membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami topik tersebut. Seorang siswa yang cepat paham dalam satu topik, belum tentu cepat paham dalam topik lainnya. Asesmen diagnosis memetakan kemampuan semua siswa di kelas secara cepat, untuk mengetahui siapa saja yang sudah paham, siapa saja yang agak paham, dan siapa saja yang belum paham. Dengan demikian Bapak/ Ibu guru dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan siswa.


Setelah membaca materi di dalam bacaan tersebut, mari kita menjawab pertanyaan di bawah ini dalam kolom komentar sambil mengingat kembali refleksi pengalaman yang telah kita lakukan di awal: 

  1. Apa tujuan Asesmen Diagnostik?
  2. Jadi, apa saja informasi tentang peserta didik yang bisa Bapak/Ibu gali dengan asesmen diagnostik?

Penutup

Terima Kasih Bapak/Ibu sudah mengikuti sesi pembelajaran Eksplorasi Konsep bagian asesmen diagnostik

Untuk menambah referensii pengetahuan Bapak/ibu mengenai asesmen diagnostik silakan lihat contoh asesmen diagnostik pada link berikut ini. klik disini.


18 komentar:

  1. Mokhammad Yogi Ginanjar
    1. Secara umum, sesuai namanya asesmen diagnostik bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan dasar siswa dan mengetahui kondisi awal siswa.
    2. Informasi yang didapat yaitu pemetaan awal pengetahuan peserta didik dan kondisi psikososial peserta didik

    BalasHapus
  2. 1, tujuan asesmen diagnostik adalah mengdiagnosis kemampuan dasar siswa dan mengetahui kondisi awal siswa
    2. mengetahui kesejahteraan psikologi dan sosial emosi siswa, aktivias selama belajar di rumah, kondisi keluarga siswa, latar belakang pergaulan siswa, gaya belajar karakter serta minat siswa, dan capaian kompetensi siswa. menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan kompetensi rata-rata, mengadakan remedial atau pengayaan untuk siswa yang kompetensinya dibawah rata-rata

    BalasHapus
  3. HARYANI
    1. Memberi mendagnosis kemampuan siswa dan mengetahui kondisi awal
    2.informasi tentang kondisi keluarga dan keseharian yang membentuk karakter siswa dan kemampuan siswa secara akademik

    BalasHapus
  4. 1 tujuan asesmen diagnostik adalah untuk menetapkan kemampuan semua siswa secara cepat dan mengetahui siswa yang paham dan yang belum paham.
    2. mempermudah kan mengethui siswa yang paham dan yang belum paham dalam pembelajaran yang telah di sampaikan

    winnico septiandi

    BalasHapus
  5. 1. Bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan dasar siswa dan mengetahui kondisi awal siswa.
    2. Mengetahui kesejahteraan psikologi dan social emosi siswa
    • Mengetahui aktivitas selama belajar di rumah
    • Mengetahui kondisi keluarga siswa
    • Mengetahui latar belakang pergaulan siswa
    • Mengetahui gaya belajar, karakter serta minat siswa

    BalasHapus
  6. David Suhadian
    1. Tujuan Diagnostik yaitu mendiagnosis kemampuan dasar siswa dan mengetahui kondisi awal siswa
    2. mengetahui kesejahteraan psikologi dan sosial emosi siswa, aktivias selama belajar di rumah, kondisi keluarga siswa, latar belakang pergaulan siswa, gaya belajar karakter serta minat siswa, dan capaian kompetensi siswa. menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan kompetensi rata-rata, mengadakan remedial atau pengayaan untuk siswa yang kompetensinya dibawah rata-rata

    BalasHapus
  7. 1.dihaarapkan peserta didik Mampu menyiapkan dan menyimpan bumbu, rempah dan bahan

    makanan tambahan berdasarkan kualifikasinya
    2.a.mengetahui latar belakang peserta didik
    b.mengetahui sosial peserta didik

    BalasHapus
  8. 1Asesmen diagnosis dilaksanakan untuk mengukur kemampuan semua siswa di kelas secara cepat, untuk mengetahui siapa saja yang paham, siapa saja yang agak paham, dan siapa saja yang belum paham. Dengan demikian Bapak/ Ibu guru dapat menyesuaikan materi pembelajaran dengan kemampuan siswa..
    2.Yang bisa diketahui dari asesmen domestik kesejahteraan dan sosial emosi siswa, aktivias selama proses belajar , keadaan keluarga siswa, latar belakang pergaulan siswa, model belajar karakter serta minat siswa, dan capaian kompetensi siswa

    BalasHapus
  9. YUDI HERIYUDIN
    1. Tujuan Asesmen Diagnosti :
    Mengukur dan mengdiagnosis kemampuan dasar siswa dan mengetahui kondisi awal siswa sampai siswa dapat memahami dan mengusai materi pembelajaran .
    2. Macam Asesmen Diagnostik :
    - Mengetahui kecapaian kompetensi siswa dalam pemahaman materi ajar
    - Mengetahui latar belakang peserta didik
    - Mmengetahui sosial peserta didik
    - Mengetahui latar belakang pergaulan siswa
    - Mengetahui gaya belajar, karakter serta minat siswa

    BalasHapus
  10. Yayan Suryana
    1. Tujuan Diagnostik yaitu mendiagnosis kemampuan dasar siswa dan mengetahui kondisi awal siswa
    2. mengetahui kesejahteraan psikologi dan sosial emosi siswa, aktivias selama belajar di rumah, kondisi keluarga siswa, latar belakang pergaulan siswa, gaya belajar karakter serta minat siswa, dan capaian kompetensi siswa. menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan kompetensi rata-rata, mengadakan remedial atau pengayaan untuk siswa yang kompetensinya dibawah rata-rata

    BalasHapus
  11. 1. Secara umum, sesuai namanya asesmen diagnostik bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan dasar
    siswa dan mengetahui kondisi awal siswa.
    2. Informasi yang didapat yaitu pemetaan awal pengetahuan peserta didik dan kondisi
    psikososial peserta didik

    BalasHapus
  12. Rudi Supriadi
    1. Tujuan asesmen diagnostik adalah untuk menetapkan kemampuan semua siswa secara cepat dan mengetahui siswa yang memahami dalam hal pelajaran.
    2. mempermudah dan mengetahui siswa yang memahami dalam pembelajaran yang telah di sampaikan oleh Guru

    BalasHapus
  13. 1 . Mengetahui kemampuan dasar siswa ketika memgawali kegiatan pembelajaran.
    2 . Mengetahui karakter peserta didik dan juga kebiasaan yang dilakukan dalam kesehariannya baik di lingkungannya MAUPUN DI SEKOLAH

    BalasHapus
  14. Martono
    1. Tujuan untuk 0Mengetahui kemanpuan setiap siswa pada saat mengawali pembelajaran dimukai.


    2.mengali imformasi mengenai siswa sebelum masuk kegiatan pembelajaran mulai dari kondisi kesehatan ,sosial,emosnya.Latar belakang keluarga ,gaya belajar pemahaman dasar yang dimiliki mateti yang akan dipelajari.


    BalasHapus
  15. Yandi Sopwan :
    1. bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan dasar siswa dan mengetahui kondisi
    awal siswa
    2. Dapat memperhatikan , Karakter siswa, Latarbelakang siswa, keluarga siswa
    ,emosi siswa dan kesenangan siswa

    BalasHapus
  16. Nuni Nurdevitasari
    a.tujuanya yaitu Memberi mendagnosis kemampuan siswa dan mengetahui kondisi awal
    b.lebih mudah mengetahui tentang psikologi,karakter siswa sehingga kita akan mudah untuk membuat siswa lebih dekat dengan kita sebagai guru

    BalasHapus
  17. Nisa Humaera,S.Pd

    1. Apa tujuan Asesmen Diagnostik?
    - Asesmen diagnostik bertujuan untuk mendiagnosis kemampuan dasar siswa dan mengetahui
    kondisi awal siswa.


    2. Jadi, apa saja informasi tentang peserta didik yang bisa Bapak/Ibu gali dengan asesmen
    diagnostik?
    • Mengetahui kesejahteraan psikologi dan social emosi siswa
    • Mengetahui aktivitas selama belajar di rumah
    • Mengetahui kondisi keluarga siswa
    • Mengetahui latar belakang pergaulan siswa
    • Mengetahui gaya belajar, karakter serta minat siswa

    BalasHapus
  18. 1. untuk mendiagnosis dan mengetahui kondisi awal siswa, dengan cara kognitif maupun nonkognitif
    2.Mengetahui kesejahteraan psikologi dan social emosi siswa,
    Mengetahui aktivitas selama belajar di rumah,
    Mengetahui kondisi keluarga siswa,
    Mengetahui latar belakang pergaulan siswa,
    Mengetahui gaya belajar, karakter serta minat siswa,
    Mengidentifikasi capaian kompetensi siswa,
    Menyesuaikan pembelajaran di kelas dengan kompetensi rata-rata siswa,
    Memberikan kelas remedial atau pelajaran tambahan kepada siswa yang kompetensinya di bawah rata-rata.

    BalasHapus